Minggu, 19 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Bincang Narkoba Bersama Akbp Thoat Ahmad di Podcast Mandupa TV

Bincang Narkoba Bersama Akbp Thoat Ahmad di Podcast Mandupa TV

Humas, Mandupa.

Akbp HM Thoat Ahmad. SH., M.Si.  yang merupakan alumni MAN 2 Palembang angkatan tahun 1988 diundang sebagai bintang tamu di podcast Mandupa TV. Di Podasct mandupa TV kali ini membahas tentang “Bahaya Narkoba Pada Remaja” sekaligus bincang sebagai alumni MAN 2 Palembang dan telah tayang di youtube Mandupa Official TV https://youtu.be/XDkl9LJeKik , Sabtu (28/10). Akbp. Thoat Ahmad ini bertugas sebagai Deputi Security bidang galmon PT. Pusri Palembang.

Setelah sekitar 34 tahun tidak berkunjung ke MAN 2 Palembang, Akbp Thoat mengaku sudah sangat jauh berubah MAN 2 Palembang dulu dan sekarang. Dari segi warna bangunan pun sudah berubah setiap ruang kelas sudah memakai AC, dari sarana dan prasarananya pun sudah sangat jauh berkembang seperti sudah memiliki studio sendiri.

“Sungguh perkembangan yang sangat pesat untuk MAN 2 Palembang. Dulu nama MAN 2 Palembang ini bukan MAN 2 Palembang tapi MAN Palembang 2. Begitu banyak kenangan yang ada di MAN 2 Palembang, guru-guru yang mengajar pun mungkin sudah tidak mengajar disini lagi tapi nasihat-nasihat baiknya selalu terkenang hingga saat ini,”ujarnya.

Melanjutkan pembahasan inti tentang Bahaya Narkoba bahwasanya terdapat 3 faktor penyebab seseorang itu memakai narkoba yaitu Individu, Lingkungan, dan Ketersediaan.

“Adapun efek bahaya dari penyalahgunaan narkoba yaitu Kesehatan Fisik: Penggunaan narkoba dapat menyebabkan kerusakan fisik yang serius, Kesehatan Mental: Narkoba dapat memiliki dampak negatif yang signifikan pada kesehatan mental, Ketergantungan dan Penyalahgunaan: Banyak narkoba memiliki potensi adiktif yang kuat, sehingga pengguna dapat menjadi tergantung dan sulit untuk berhenti menggunakannya, Gangguan Sosial dan Ekonomi: Penyalahgunaan narkoba dapat merusak hubungan sosial dan mempengaruhi produktivitas dan kinerja seseorang di tempat kerja atau sekolah, dan Risiko Kehidupan dan Kriminalitas: Penggunaan narkoba ilegal seringkali melibatkan aktivitas kriminal, termasuk pembelian, penjualan, dan distribusi narkoba illegal,”ujarnya.

Akbp Thoat pun berharap kepada seluruh remaja khususnya para pelajar yang ada agar menjauhi dari penyalahgunaan narkoba karena narkoba dapat merusak generasi bangsa. Jauhi narkoba sebelum terlambat. (am)