Jumat, 10 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Ajang Kreatifitas Mahasiswa HIMABINDO FKIP UNJA

Ajang Kreatifitas Mahasiswa HIMABINDO FKIP UNJA

MENDALO,- Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (HIMABINDO) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi (UNJA) mengadakan puncak dari kegiatan ‘Adjektiva (Ajang Kreativitas Mahasiswa)’. Kegiatan berlangsung di Aula Laboratorium FKIP pada Rabu (1/11/2023).

Kegiatan dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FKIP, Prof. Dr. Supian, S.Ag, M.Ag.; Kaprodi PBSI, Drs. R. Imam Suwardi Wibowo, M.Pd.; Gubernur BEM FKIP, Arya Ramadhan, serta mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI).

Adjektiva merupakan program kerja HIMABINDO yang sudah berjalan selama dua tahun, dari kepengurusan 2021- 2022. Manfaat diadakan adjektiva yaitu untuk mencari bibit calon PEKSIMINAS (Pekan Seni Mahasiswa Nasional), KDMI (Kompetisi Debat Mahasiswa  Indonesia), serta bidang lainnya. Selain itu, dengan adanya Adjektiva bisa menjadi wadah pengembangan minat dan bakat mahasiswa.

 

“Saya melihat kalau HIMABINDO ini aktif, sering mangadakan agenda-agenda dan sering ngeshare pamflet kegiatan. Semoga PBSI bisa meningkat lagi akreditasinya sampai unggul karena Prodi PBSI adalah Prodi tertua. Lomba sekarang ini tingkat Prodi hanya untuk mahasiswa PBSI, ke depannya buatlah lomba tingkat nasional lomba untuk seluruh Prodi PBSI se-Indonesia,” tutur beliau.

Jelindra Wahyuni selaku Ketua HIMABINDO mengungkapkan tujuan dari dilaksanakannya kegiatan tersebut.

“Kami mengadakan kegiatan ini sebagai bentuk peringatan Bulan Bahasa dan hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober sebagai upaya menjaga produk bahasa dan keterampilan berbahasa,” ucapnya.

Rangkaian kegiatan dari acara puncak ini meliputi final lomba Publik Speaking, Penganugerahan Putra Putri HIMABINDO, Wisudawan SBASTRA (Sekolah Bahasa dan Sastra), serta pentas seni dari mahasiswa-mahasiswa PBSI.

Wasnia selaku Ketua Pelaksana Adjektiva, menyampaikan laporannya terkait kegiatan tersebut.

“Rangkaian acara Adjektiva telah dilaksanakan dari tanggal 23 Oktober sampai 1 November 2023 yang diselerenggarakan dari PBSI untuk PBSI. Adjektiva membuka 3 cabang perlombaan yaitu kompetisi debat yang diikuti sebanyak 6 tim, kompetisi menulis cerpen yang diikuti sebanyak 22 peserta, dan kompetisi publik speaking yang diikuti sebanyak 19 peserta. Acara ini berjalan dengan baik karena ada dukungan dari Bapak Ibu Dosen, Pembina, Kaprodi, Wadek, dan yang paling penting adalah kerja keras seluruh panitia dari akhir September sampai hari puncak,” ungkapnya.

Kaprodi PBSI, Drs. Imam Suwardi Wibowo, M.Pd. mengungkapkan harapannya untuk keberlanjutan program ini.

“Acara Adjektiva ini sangat bagus, mudah-mudahan untuk tahun depan dapat ditingkatkan lagi, tidak hanya untuk lingkup Prodi tapi juga untuk tingkat nasional dan menjadi ajang tahunan untuk Prodi kita,” pungkas beliau.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan plakat kepada seluruh pemenang dan foto bersama.

Dimas Anugrah Adiyadmo / Yulia / HUMAS
Foto: Asmah