Minggu, 19 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Siswa Kelas XII MAN 2 Palembang Ikuti Tes Assesmen Bakat dan Minat

Siswa Kelas XII MAN 2 Palembang Ikuti Tes Assesmen Bakat dan Minat

Humas, Mandupa.

MAN 2 Palembang mengadakan Asesmen Bakat dan Minat (ABM) untuk seluruh siswa kelas XII. Asesmen Minat dan Bakat (ABM) merupakan tes yang mengukur kemampuan atau potensi umum seseorang pada bidang-bidang khusus dan minat seseorang berdasarkan ketertarikannya pada suatu jenis kegiatan atau pekerjaan tertentu. ABM bertujuan untuk memprediksi kemampuan seseorang dalam menguasai hal baru pada pekerjaan ataupun program pendidikan selanjutnya. Pelaksanaan ABM di MAN 2 Palembang dilaksanakan di ruang lab komputer selama 2 hari yaitu dimulai pada hari ini, Senin (6/11) s.d. besok 7 November 2023.

“ABM ini dapat diharapkan dapat membuat arah pengembangan diri secara lebih jelas dan terencana, melalui ABM tersebut siswa kelas XII nantinya dapat menentukan pemilihan jurusan untuk melanjutkan pendidikan kejenjang perguruan tinggi,”ujar Yusri Erlini Kepala MAN 2 Palembang.

Asesmen diadakan oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan yang bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Terdapat tujuh aspek yang diukur dalam ABM yaitu aspek kemampuan (verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanik, penggunaan bahasa, dan klerikal) serta minat pada kegiatan atau pekerjaan tertentu.

Pelaksanaan ABM di MAN 2 Palembang dibagi menjadi 3 sesi untuk hari Senin dan 2 sesi untuk hari Selasa besok. Pelaksanaan ABM di MAN 2 Palembang juga menggunakan 2 ruang lab komputer. Dan selama ujian berlangsung para siswa didampingi oleh proctor dan pengawas.

“Dengan adanya ABM siswa mendapatkan dapat mengenal potensi dan minat yang ada pada dirinya, karena untuk menempuh jalur prestasi untuk diperguruan tinggi seorang siswa memerlukan nilai mata Pelajaran utama dan pendukung,”tutur Yusri. (am)