Senin, 13 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa Sastra UNJA Ciptakan Kampung Literasi di Desa Muara Danau Tanjabbar

Mahasiswa Sastra UNJA Ciptakan Kampung Literasi di Desa Muara Danau Tanjabbar

JAMBI,-  Tim mahasiswa Prodi Sastra Indonesia Universitas Jambi (UNJA) angkatan 2021 melaksanakan kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Kampung Literasi di Desa Muara Danau, Renah Mendalo, Tanjung Jabung Barat, Jambi dari 21 Oktober 2023 – 20 Desember 2023.

Anggota yang ikut serta dalam kegiatan tersebut terdiri dari Sasi Kirani, Rika Ambarita, Egi Cahya Prameswari, Desi Nur Khasanah, dan Dea Khofifah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi masyarakat Desa Muara Danau khususnya kepada anak-anak, dengan harapan agar mereka bisa membaca dan menulis dengan baik dan benar.

Motivasi awal mereka mengikuti kegiatan ini karena ingin meningkatkan budaya literasi kepada masyarakat di Desa Muara Danau terutama di kalangan generasi muda. Salah satu langkah yang diambil oleh tim untuk meningkatkan literasi di desa tersebut yaitu dengan membentuk ‘Kampung Literasi’ berupa pojok baca yang bertempat di Kantor Desa Muara Danau dan dapat dimanfaatkan secara gratis. Tidak hanya itu, mahasiswa juga akan memperkenalkan literasi digital dan pentingnya kemampuan literasi yang baik.

Persiapan yang dilakukan mereka sebelum mengikuti kegiatan ini diawali dengan melakukan pembekalan awal bersama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) membahas program-program apa saja yang akan dilaksanakan, melakukan observasi lokasi kegiatan, perizinan posko ke Kepala Desa, dan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah di Desa Muara Danau mengenai kegiatan mereka.

“Kami berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan literasi masyarakat di Desa Muara Danau,” ungkap mereka.

Julisah izhar, S.Pd.I., M.Hum. selaku DPL mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan mahasiswanya dapat melatih kemampuan mahasiswa secara langsung dalam meningkatkan literasi anak-anak.

“Kegiatan MBKM KKNT yang dilaksanakan oleh lima orang mahasiswi Program Studi Sastra Indonesia merupakan kegiatan yang melatih kemampuan mahasiswa secara langsung dalam membantu meningkatkan literasi anak-anak masyarakat Desa Muara Danau. Dengan menciptakan Kampung Literasi, diharapkan anak-anak Desa Muara Danau sadar akan pentingnya upaya dalam menguasai kemampuan literasi yang baik,” tutur beliau.

Dimas Anugrah Adiyadmo / Juwita / HUMAS