Jumat, 17 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Regenerasi Tongkat Estafet Kepemimpinan OSIS/MPK SMA Negeri 1 Pemali

Regenerasi Tongkat Estafet Kepemimpinan OSIS/MPK SMA Negeri 1 Pemali

Guna meneruskan dan melanjutkan estafet kepemimpinan, pada 14-26 September 2023 lalu OSIS/MPK SMA Negeri 1 Pemali mlaksanakan seleksi bagi para pendaftar pengurus OSIS/MPK baru periode 2023/2024.

Dimulai dengan seleksi berupa tes tertulis lalu dilanjutkan dengan tes wawancara pada 14 dan 15 September 2023. Seleksi ini dibuka oleh pembina OSIS/MPK SMA Negeri 1 Pemali, Lela Lestari, S. Pd..

Para peserta dikelompokkan sesuai dngan bidang yang mereka pilih. Terdapat beberapa ruangan yang dipakai sebagai ruang tes tulis juga tes wawancara, seperti Ruang Lab. 1, Ruang Lab. 2, Rung Lab. 3, dan Ruang Bina Mental (BM) SMA Negeri 1 Pemali.

Seleksi ini ditujukan bagi seluruh peserta yang mendaftar tak terkecuali bagi pendaftar ketua dan wakil ketua OSIS. Namun, bagi para pendaftar bagian ketua dan wakil ketua OSIS ini masih terdapat beberapa rangkaian kegiatan seleksi lagi yang harus mereka ikuti, seperti debat dan pemilihan umum yang akan menentukan hasil akhir siapa yang akan menjadi ketua dan wakil ketua OSIS selanjutnya.

Pilketos sendiri dilaksanakan terpisah harinya dengan rangkaian kegiatan lainnya. Dilaksanakan di Pendopo SMA Negeri 1 Pemali pada 26 September 2023. Sementara itu, sehari sebelumnya, 25 September 2023 dilaksanakan sesi debat bagi semua pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIS di lapangan basket SMA Negeri 1 Pemali. Sedangkan seleksi bagi pengurus baru sendiri dilaksanakan pada 14 September 2023.

Kepala SMA Negeri 1 Pemali, Eflina, M.Pd. mengatakan sesi debat ini penting untuk dilakukan sebagai sesi pengenalan bagi para siswa-siswi juga para guru-guru untuk dapat mengenal dan menentukan siapa yang akan mereka pilih pada pemiihan esok harinya. Selain itu beliau juga menyebutkan bahwa menjadi pemimpin juga harus bisa mendengaran aspirasi para anggotanya maka dari itu sesi debat ini dilaksanakan.

Terdapat 3 pasangan calon (paslon) ketua dan wakil ketua OSIS, yakni Fitrah Aulya Sumantri dan Deyis Meriska sebagai paslon 1, Kiran Balqis Alkalivi dan Nabila Nur Zahra sebagai paslon 2, serta Ghifari Ramadhana dan Aleisyah Virend sebagai paslon 3. Pada pilketos 26 September 2023 ini paslon 3, Ghifari Ramadhana dan Aleisyah Virend akhirnya terpilih sebagai paslon ketua dan wakil ketua OSIS baru periode 2023/2024.

Penulis: Tiur R. Sitinjak, Tim Jurnalistik OSIS SMA Negeri 1 Pemali