Jumat, 17 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Eratkan Tali Persaudaraan dan Saling Berbagi Wawasan, SMAN 1 Pemali Studi Tiru ke SMAN 1 Payung

SMANSALI POS— Studi Tiru atau Studi Banding merupakan kegiatan yang dilakukan dengan tujuan menambah wawasan dan pengetahuan yang berperan penting untuk perkembangan suatu organisasi agar berkembang sesuai dengan yang di inginkan. Kali ini SMA Negeri 1 Pemali berkesempatan untuk melakukan Studi Tiru ke SMA Negeri 1 Payung pada (16/11/2023) Kamis pagi. Kegiatan ini merupakan sebuah aksi nyata yang dilakukan sebagai wadah pembelajaran di luar kelas sekaligus meluaskan hubungan Silahturahmi antar-sekolah.

Kegiatan saling berbagi wawasan dan pengalaman ini di ikuti oleh pengurus OSIS & MPK periode tahun 2023/2024, guru-guru, juga beberapa siswa/i ekstrakurikuler PMR WIRA Smansali. SMA Negeri 1 Pemali berangkat menuju Payung, Kabupaten Bangka Selatan dengan memakan waktu kurang lebih 3 jam perjalanan.

SMANSALI disambut meriah oleh SMA Negeri 1 Payung dengan hadroh mereka yang begitu merdu. Di lanjutkan tari sambutan dengan nyanyian siswa/i SMAN 1 Payung atau kerap dikenal sebagai SMANSAPA. Usai menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan ayat suci Al-Quran, doa bersama, serta Tarian Saman, barulah kita mendengarkan kata sambutan dari Kepala Sekolah SMAN 1 Payung dan Kepala Sekolah SMAN 1 Pemali.

Sumardoni, selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum mengungkapkan bahwa Studi Tiru ini bukanlah kegiatan yang terakhir, namun menjadi kegiatan awal kita terutama untuk terus melekatkan tali silaturahmi antara SMAN 1 Pemali & SMAN 1 Payung. Beliau juga berharap agar di lain kesempatan SMAN 1 Payung dapat berkunjung ke SMAN 1 Pemali.

Selain studi tiru dan sharing session, SMANSAPA tentunya menyiapkan pertandingan persahabatan. Berbeda dengan studi tiru pada umumnya, SMANSAPA mengadakan pertandingan persahabatan berupa permainan tradisional seperti gobak sodor dan enggrang.

Kegiatan studi tiru di akhiri dengan SMANSALI & SMANSAPA yang saling bertukar cinderamata sebagai bentuk persahabatan antara dua sekolah tersebut.

Dengan mengikuti kegiatan ini, Pengurus OSIS SMAN 1 Pemali & SMAN 1 Payung dapat memiliki wawasan tambahan mengenai program ataupun kegiatan OSIS & MPK serta menambah lingkungan pertemanan. Selain itu, diharapkan dengan diadakannya Studi Tiru ke SMAN 1 Payung dapat memberikan SMAN 1 Pemali pengetahuan, inovasi, ide ataupun wawasan luas yang mencangkup meningkatnya kinerja OSIS MPK dan PMR WIRA SMAN 1 Pemali dan menambah relasi hubungan persaudaraan agar meningkatkan komunikasi antara SMAN 1 Pemali dan SMAN 1 Payung.

-Jurnalis: Alya Adzra Nurjannah, Revalina Hotmauli Purba, Tim Jurnalistik SMA Negeri 1 Pemali.