Jumat, 17 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Mengikuti Ujian Kemahiran Berbahasa Indonesia, SMANSALI Berhasil Menduduki Peringkat ke-3 Tingkat Provinsi Bangka Belitung

Mengikuti Ujian Kemahiran Berbahasa Indonesia, SMANSALI Berhasil Menduduki Peringkat ke-3 Tingkat Provinsi Bangka Belitung

SMANSALI POS— SMANSALI sukses dalam mengikuti kegiatan UKBI dan berhasil menduduki peringkat Ke-3 umum se-Bangka Belitung.

Pada kesempatan kali ini, SMAN 1 Pemali mengikuti tes UKBI yang dilaksanakan di sekolah dalam ruangan lab. komputer. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemahiran dalam berbahasa Indonesia.

Sasaran Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia ini adalah seluruh kelas X dan kelas XII. Tes ini diberikan secara gratis teruntuk pelajar.

Tes UKBI terbagi menjadi 4 sesi, dan dilaksanakan selama 2 hari, di mana pada hari pertama terkhusus kelas X yang terlaksana di lab. Komputer 1 dan lab. Komputer 2, dan hari kedua untuk kelas XII dalam ruangan yang sama dengan kelas X.

UKBI sendiri mencakup tes mendengarkan, merespons kaidah, dan membaca. Tes UKBI mempunyai beberapa predikat untuk setiap peserta yang mengikuti tes. Predikat itu sendiri terdiri dari predikat Istimewa (Skor:725-800), Sangat Unggul (Skor: 641–724), Unggul (Skor: 578–640), Madia (Skor: 482–577), Semenjana (Skor: 405–481), Marginal (Skor: 326–404), Terbatas (Skor: 251—325).

Siswa/i SMANSALI banyak meraih predikat sangat unggul dan unggul dalam tes ini yaitu dengan skor: 578-724 yang di mana dalam predikat ini menunjukkan bahwa peserta uji memiliki kemahiran yang sangat tinggi dalam berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis. Dengan kemahiran ini yang bersangkutan tidak memiliki kendala dalam berkomunikasi untuk keperluan sintas, sosial, dan pekerjaan.

Jurnalis: Miftakhur Rohmah & Tim Jurnalistik SMA Negeri 1 Pemali