Rabu, 08 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

OSS Semarak Olimpiade SMA Negeri 1 Pandaan

Olimpiade Sains Smanda (OSS) 2023 resmi digelar kembali di SMA Negeri 1 Pandaan pada hari Kamis s.d Jumat (14-15/12/23). Perlombaan ini diikuti oleh siswa-siswi SMANDA dari kelas X hingga kelas XI. Perlombaan dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan classmeet. Kegiatan OSS ini dilaksanakan sebagai ajang untuk meningkatkan minat sekaligus menjadi wadah untuk mengembangkan potensi warga SMA Negeri 1 Pandaan di bidang sains.

OSS 2023 memperlombakan sembilan mata pelajaran, yaitu Matematika, Biologi, Kimia, Fisika, Astronomi, Kebumian, Informatika, Geografi, dan Ekonomi. Setiap peserta dapat mengikuti maksimal dua mata pelajaran. Perlombaan ini dilaksanakan dengan menggunakan model ujian paper test, peserta diberikan estimasi waktu pengerjaan soal selama tiga jam. Delapan peserta dengan nilai tertinggi pada setiap mata pelajaran akan ditetapkan sebagai juara. Sejumlah delapan orang pemenang dari setiap mata pelajaran berhak mengikuti pembinaan intensif dari pihak sekolah untuk persiapan sebagai peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat kabupaten/kota tahun 2024.

“Menurut saya, sebenarnya OSS adalah sebuah ajang yang cukup bergengsi di internal SMANDA, yang sejatinya dapat memfasilitasi minat dan bakat siswa-siswi SMANDA, khususnya di bidang akademik. Selain itu, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk menunjang persiapan SMA Negeri 1 Pandaan dalam mengirimkan delegasi terbaiknya di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) di tingkat kabupaten,” ucap Kayla Mastria Nadiva selaku ketua panitia OSS 2023. Ia juga berharap agar siswa-siswi di SMA Negeri 1 Pandaan dapat lebih mengeksplorasi potensi yang ada di dalam dirinya dan dapat berkontribusi aktif dalam mengharumkan nama sekolah.

Di sisi lain antusiasme peserta OSS 2023 Smanda sangat tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang mendaftar hingga mencapai kurang lebih 200 orang. Jumlah ini meningkat drastis dari tahun sebelumnya yang hanya sekitar 100 orang peserta. “Kesan saya saat mengikuti OSS yaitu senang karena dapat menambah pengalaman, untuk panitia juga menjawab pertanyaan dengan cepat, dan saya merasa tertantang saat melihat banyaknya peserta OSS ini,” ucap M. Wildan, salah satu peserta OSS 2023.

Reporter : Velani Laily Noviana dan Akmal Gahzy Rajendra