Jumat, 03 Mei 2024
Bimbingan Belajar

Punya Gedung Baru, Klinik Risalah Medika Jalani Akreditasi Perdana

Punya Gedung Baru, Klinik Risalah Medika Jalani Akreditasi Perdana

Klinik Risalah Medika, Yayasan Waqaf Ar Risalah (YWAR), Kota Padang, menjalani akreditasi perdana. Proses akreditasi dilaksanakan oleh Akreditasi Klinik Indonesia (ASKIN).

Sebagai informasi, ASKIN merupakan lembaga independen akreditasi klinik. Untuk Klinik Risalah Medika, penilaian akreditasi berlangsung dua hari, yakni 11 dan 15 Desember 2023.

Pada hari pertama, proses akreditasi dilakukan secara daring. Sementara, pada hari kedua, penilaian akreditasi dilakukan secara langsung oleh surveyor dari ASKIN ke Klinik Risalah Medika.

Dalam proses penilaian itu, ada dua surveyor yang diterjunkan oleh ASKIN, yaitu dr. Fitria Heny dan dr. Meri Herliza, MARS., FISQua., C.Med..

Penanggung-jawab Klinik Risalah Medika, dr. Rizka Aganda Fajrum dalam sambutannya mengatakan, akreditasi ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan.

Secara khusus, tuturnya, Klinik Risalah Medika, dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan di lingkungan kerja YWAR, seperti guru, karyawan, peserta didik, dan sebagainya.

“Meski demikian, keberadaan klinik ini memiliki manfaat yang besar sekali tidak hanya bagi internal yayasan, tetapi juga bagi masyarakat sekitar,” ujarnya.

Ia menerangkan, Klinik Risalah Medika tidak hanya berfokus pada pengobatan, tetapi juga dalam penyuluhan kesehatan kepada masyarakat.

Pihaknya pun menyambut baik akreditasi perdana Klinik Risalah Medika ini. Ia berharap penilaian akreditasi dapat mendatangkan hasil terbaik bagi peningkatan mutu pelayanan kesehatan.

Ketua YWAR, Ustaz H. Arwim Al Ibrahimi, Lc., M.A., pada kesempatan yang sama, mengucapkan terima kasih kepada ASKIN yang telah melakukan akreditasi ke Klinik Risalah Medika.

Ia menyampaikan, klinik ini sudah ada sejak Perguruan Islam Ar Risalah berdiri, dan saat ini sudah melayani pasien BPJS Kesehatan. Pihaknya pun berkomitmen dalam pengembangan klinik.

“Kami pada tahun ini menganggarkan pembangunan gedung baru Klinik Risalah Medika. Saat ini, pembangunannya sudah dalam tahap penyelesaian, yakni sudah 90 persen. Semoga segera selesai,” sebutnya.

Ia pun berharap dengan adanya gedung baru tersebut, kualitas pelayanan klinik pun bisa meningkat.

Salah seorang surveyor dari ASKIN, dr. Fitria menerangkan, akreditasi klinik merupakan suatu penilaian terhadap mutu pelayanan klinik.

“Akreditasi ini bertujuan agar mutu pelayanan klinik sesuai dengan standar yang telah ditetapkan pemerintah,” ungkapnya. [fru]