Senin, 29 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Hasil Pemilihan OSIS Tingkat SMAN 3 Borong: Paket IYO Ungguli Paket PKM

Sman3borong.sch.id- Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) tingkat SMAN 3 Borong telah dilakukan pada Senin, 15 Januari 2024.

Kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi P5 dengan tema Suara Demokrasi. Sistem yang dipakai dalam kegiatan pemilihan OSIS ini adalah sistem pemilu yang mana dilakukan melalui proses demokrasi.

Dalam kegiatan tersebut, semua anggota sekolah dilibatkan untuk memberi hak suara. Mulai dari Kepala Sekolah, Guru, pegawai hingga para siswa.

Partisipasi aktif siswa dalam memberikan hak suaranya dalam pemilihan OSIS ini tidak hanya melatih mereka dalam pengambilan keputusan, tetapi juga mengajak mereka untuk berpikir kritis, menganalisis dan mengevaluasi pemikiran mereka sendiri, serta komunikasi dan koordinasi sosial demi mencapai tujuan bersama.

Seminggu sebelum hari puncak, telah dilakukan rangkaian kegiatan sebagai tahapan dalam pelaksanaan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS periode 2024/2025 tingkat SMAN 3 Borong yaitu sebagai berikut.

  1. Pemilihan Ketua dan Anggota Komisi Pemilihan Osis (KPO)
  2. Pemutakhiran data pemilih dan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT)
  3. Pembentukan Koalisi
  4. Pendaftaran bakal calon ketua dan wakil ketua OSIS
  5. Pengumuman bakal calon dan penetapan nomor urut
  6. Kampanye akbar penyampaian visi-misi bakal calon
  7. Debat Paslon
  8. Sosialisasi pencoblosan
  9. Pemilihan dan perhitungan suara
  10. Pengumuman ketua dan wakil ketua OSIS terpilih periode 2024/2025

Dari rangkaian tahapan di atas ditetapkan dua paket dari dua Koalisi yang akan bertarung dalam kontestasi pemilihan OSIS periode 2024/2025 di SMAN 3 Borong. Kedua paket itu adalah paket IYO dari Koalisi PKKS (Penegak Pelaksana Kemajuan Sekolah) dan Paket PKM dari Koalisi Merdeka Belajar.

Paket PKM – Modesta Dukeng dan Vanessa Adiyanto merupakan Paslon nomor urut 1 dan Paket IYO – Indiana Pagi Ceria dan Claudio Mahur (Indi-Dio) merupakan Paslon nomor urut 2.

Berdasarkan hasil pemungutan suara, Paket IYO dari Paslon nomor urut 2 keluar sebagai pemenang usai unggul 33 suara dari Paslon nomor urut 1.

Adapun rincian perolehan suara dari kedua Paslon adalah sebagai berikut. Dari 224 wajib pilih, Paslon nomor urut 1 memperoleh 84 suara dan Paslon nomor urut 2 memperoleh 117 suara. Terdapat 3 suara tidak sah dan sebanyak 20 siswa yang tidak menggunakan hak suaranya karena berhalangan hadir. Jadi total suara yang dinyatakan sah sebanyak 201 suara.

Dari hasil ini, Paslon nomor urut 2 tentunya sah menjadi pemenang dan siap menduduki kursi jabatan OSIS di SMAN 3 Borong untuk satu tahun kedepan.