Sabtu, 18 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

“NaCl dan Air Laut ” Praktikum Kimia Seangkatan kelas X di Pantai Alue Naga

“NaCl dan Air Laut ” Praktikum Kimia Seangkatan kelas X di Pantai Alue Naga

SMA laboratorium Unsyiah mengadakan praktikum Kimia sebanyak 1 angkatan kelas X, di pantai Alue Naga, Selasa 23 Januari 2024. Sebanyak 4 kelas terdiri dari 130 siswa, 2 kelas dikawal Bu Anneza Astriet, S.Pd., Gr.,M.Si dan 2 kelas lagi dikawal Bapak M. Rizal, M.Si berhasil mengambil sampel air laut di kawasan pantai, air payau dan tawar di sekitar pantai alue naga untuk diuji. . Judul praktikum yang dilaksanakan adalah NaCl dan Air Laut .

Guru mata pelajaran Ibu Anneza Astriet, S.Pd., Gr.,M.Si. yang juga Waka kurikulum berinisiatif melaksanakan praktikum out door studi karena ingin memberikan nuansa yang tidak biasa dan pengalaman baru bagi siswa . Hasilnya siswa sangat antusias, mereka semangat melaksanakan praktikum sehingga mendapatkan tujuan praktikum mengukur kadar garam di perairan Alue Naga.
Kepala sekolah Dr. Rini Safitri, M.Si mendukung kegiatan praktikum out door studi ini, beliau berpesan untuk menjaga ketertiban selama praktikum , dan segera kembali kesekolah saat selesai.

Pengujian kandungan air laut dilakukan dengan penambahan cairan perak ( AgNO3) dalam 100 ml air laut yang dijadikan sampel sehingga terbentuk endapan. Hasilnya pelaksanaan praktikum siswa memperoleh hasil semakin dekat ke perairan laut kandungan NaClnya semakin tinggi. Perhitungan kadungan dari ke 3 sampel air juga dihitung dan dibandingkan dengan rumus kadar NaCl dari volume AgNO3 dalam liter dikali dengan NAgNo3 dikali MR NaCl dibagi dengan volume sampel air laut dalam liter

Siswa mengaku senang dengan kegiatan praktikum ini karena selain berinteraksi dengan teman di dalam kelompok, keseruan di alam terbuka meruoakan pengalaman menarik apalagi pantai alue naga kecamatan Syiah Kuala sangat indah.

Kegiatan yang tidak biasa mengawal 130 siswa dalam terbuka bukanlah hal mudah, kerepotan membawa alat dan bahan kimia. Namun berkat kekompakan tim guru ibu Anneza Astriet,S.Pd., Gr., M.Si., bapak M. Rizal.K. M.Si. Laboran ibu Hasrati. M.Si, Bapak Mahran M.Pd, dan ibu Fera Andayeti, praktikum “NaCl dan Air Laut” di pantai Alue Naga tampak sukses. Semoga pengalaman ini memberikan dampak positif pada pemahaman siswa mengenai kandungan garam di perairan laut.