Minggu, 19 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

VAKSINASI DOSIS KEDUA SISWA SMANDA DAN WARGA SEKITAR

Kegiatan vaksinasi dosis kedua telah dilaksanakan oleh SMAN 1 Pandaan pada Rabu (10/11/21) bertempat pada aula atas dan aula bawah. Vaksinasi ini dapat diikuti oleh warga sekitar maupun siswa SMANDA. Terlebih lagi tujuan dari vaksinasi adalah sebagai syarat untuk pembelajaran tatap muka bertahap warga SMANDA. Baik guru, siswa, dan karyawan harus divaksin terlebih dahulu sebagai pemenuhan syarat tersebut.

Peserta vaksinasi akan diarahkan menuju lorong chamber yang berada di sebelah sanggar ekstra. Peserta yang membawa motor diparkirkan di lapangan voli. Lalu peserta menuju lorong kurikulum untuk melaksanakan protokol kesehatan. Setelah itu, siswa menuju meja administrasi dan menyerahkan fotocopy KK dan sertifikat vaksinasi dosis pertama.

Bagi peserta yang belum memiliki sertifikat vaksinasi dosis pertama karena kendala NIK yang invalid. Mereka diharuskan menunggu terlebih dahulu di ruang tunggu aula bawah untuk mendapatkan sertifikat tersebut. Sebelum dilakukan vaksinasi perlu beberapa pemeriksaan terlebih dahulu seperti pemeriksaan suhu, tekanan darah, wawancara dokter dan pengecekan data kembali. Jika peserta tidak lolos dalam pemeriksaan, ada 2 kemungkinan yang terjadi yaitu vaksin tidak bisa diberikan atau pemberian vaksin ditunda.

Meninjau dari kendala awal pemberian vaksinasi dosis pertama Drs. Ariadi Nur Awalukianto, M.Pd selaku kepala sekolah mengatakan bahwa, ” Kendala divaksinasi dosis pertama itu vaksinnya yang terbatas sementara yang butuh divaksin cukup banyak. Nah hari ini sudah terpenuhi semuanya InsyaAllah. Hari ini vaksin sebanyak 570, kemudian vaksin yang tersedia bisa mencapai 600-an yang artinya vaksin sudah mencukupi. Untuk anak-anak yang vaksin pertamanya di luar juga boleh vaksin di sekolah. Lalu untuk warga juga boleh vaksin di sekolah, mana kala vaksinnya masih tersedia.”

“Awalnya saya ragu, ternyata nggak sesakit yang saya bayangin, jarumnya juga nggak segede yang temen saya bilang. Ohiya kalau kalian mau tau efek sampingnya itu, abis disuntik jadi ngerasa ngantuk, badan jadi pegel semua. Usahain abis vaksin langsung istirahat ya, biar ga demam.” Ungkap Niken Ayu salah satu peserta vaksinasi

Walaupun telah vaksinasi kita tidak boleh menyepelekan protokol kesehatan. Tetap lakukan 3M, mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker. Mari menuju Indonesia sehat!

Reporter :  Cindi Bintang XI IBB 2 dan Dinda Putri  XI IBB 2