Minggu, 28 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Kerjasama Internasional SMK Negeri 1 Cimahi dengan Gyeongju Business High School Korea Selatan

Suasana kegembiraan dan antusiasme menghiasi SMK Negeri 1 Cimahi pada hari Jumat, 16 Februari 2024, dengan kunjungan istimewa dari Gyeongju Business High School Korea Selatan. Kegiatan International Exchange Agreement Ceremony ini menjadi momen penting dalam memperkuat kerjasama antar dua lembaga pendidikan.

Rombongan tamu dari Gyeongju Business High School yang terdiri dari Mr. Kim Dohyun (CEO Gyeongju Business High School), Mr. Lee Sangmyung (Kepala Sekolah Gyeongju Business High School), Mr. Kim Jeonghun, dan Mr. Cho Sihoon, turut didampingi oleh Ibu Feny Lisda. Keempat tamu tersebut disambut dengan penuh kehangatan melalui prosesi penyambutan yang kental dengan nuansa budaya Sunda.

Acara penyambutan dimulai dengan penampilan Angklung, memainkan lagu daerah Sunda dan Korea, yang menciptakan harmoni yang memukau. Tak hanya itu, Tarian Selamat Datang ikut menghiasi acara, menunjukkan keramahan dan keindahan budaya Sunda kepada para tamu.

Rombongan tamu dari Gyeongju Business High School tidak hanya disambut oleh Kepala SMK Negeri 1 Cimahi (Agus Priyatmono Nugroho, S.Pd., M.Si.) beserta staf, tetapi juga oleh Ketua Komite SMK Negeri 1 Cimahi (Drs. H. Ejon Sujana, M.Pd.) dan staf, serta Ibu Yuyun dari Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Hal ini mencerminkan dukungan penuh dari pihak terkait dalam menjalin hubungan yang erat antarlembaga pendidikan.

Tidak hanya seremonial semata, kunjungan ini juga menandai penandatanganan Nota Kesepakatan atau Memorandum of Understanding (MoU) antara SMK Negeri 1 Cimahi dan Gyeongju Business High School. MoU ini menjadi tonggak bersejarah dalam upaya meningkatkan mutu dan kerjasama antarlembaga pendidikan.

Acara ini sekaligus merupakan kelanjutan dari MoU sebelumnya yang dilakukan secara virtual pada Senin, 13 November 2023, melalui program Asia-Pacific Teacher Exchange (APTE) di bawah naungan UNESCO Asia-Pacific Centre of Education for International Understanding (APCEIU).

MoU ini berawal dari program prestisius APTE yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi bekerja sama dengan APCEIU UNESCO Korea Selatan. Sebanyak 700 peserta berkompetisi, dan dari mereka, terpilihlah 8 guru terbaik untuk bertugas di beberapa sekolah di negara mitra. Salah satu di antaranya adalah Ibu Sriyuliyanti, S.Pd., M.Pd., guru Bahasa Inggris dari SMK Negeri 1 Cimahi, yang ditugaskan di Gyeongju Business High School selama 3 bulan pada tanggal 21 Agustus 2023 hingga 18 November 2023.

Tak hanya dalam suasana seremonial, para tamu undangan dari Gyeongju Business High School juga turut mengunjungi Konsentrasi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan Konsentrasi Keahlian Produksi Siaran Program Televisi (PSPT) di SMK Negeri 1 Cimahi.

Di Konsentrasi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), siswa memamerkan aplikasi karya mereka, termasuk Game Android, Aplikasi berbasis Web, dan 3D Modeling/Metaverse. Sementara itu, di Konsentrasi Keahlian Produksi Siaran Program Televisi (PSPT), ditampilkan film dokumenter karya siswa, dan bahkan dilaksanakan siaran langsung podcast yang disiarkan di channel YouTube sekolah.

Para tamu dari Gyeongju Business High School sangat mengapresiasi sambutan dan penampilan karya siswa SMK Negeri 1 Cimahi. Mereka memberikan pujian yang tinggi terhadap keramahan dan keahlian siswa, serta berkesan dengan keragaman budaya yang dihadirkan dalam acara penyambutan.

Dengan kunjungan ini, SMK Negeri 1 Cimahi dan Gyeongju Business High School membuktikan komitmen mereka dalam menciptakan lingkungan belajar yang beragam dan internasional, memberikan siswa pengalaman tak terlupakan, dan mempersiapkan mereka untuk tantangan global di masa depan.