Senin, 29 April 2024
Perguruan Tinggi

Angkat Sumpah 503 Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Universitas Indonesia

Angkat Sumpah 503 Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Universitas Indonesia

Universitas Indonesia (UI) mengadakan pengangkatan sumpah atau janji untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Universitas Indonesia (PUI) periode 2024. Angkat sumpah dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA., diselenggarakan pada (20/02) di Balai Purnomo, Kampus UI Depok. Jumlah Peserta Angkat Sumpah PNS dan PUI sebanyak 503 orang, dengan rincian; Dosen sebanyak 29 orang dan Tenaga Kependidikan (Tendik) sebanyak 474 orang.

Pengangkatan sumpah atau janji bertujuan untuk memberikan pengakuan dan komitmen yang kuat terhadap peningkatan kompetensi sumber daya manusia yang profesional serta peningkatan kinerja organisasi secara keseluruhan. “Kegiatan angkat sumpah dan janji yang baru saja dilakukan merupakan momentum pembinaan dan penguatan komitmen untuk setia, berintegritas dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas profesi sehari-harinya. Tentu saja yang menjadi tolak ukur dari kebesaran UI tersebut adalah banyaknya prestasi-prestasi dari para dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan dan alumni UI, dengan berbagai karya dan kerja bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara,” kata Prof. Dedi.

Ia menambahkan bahwa tantangan nasional maupun global terus berubah dan berkembang di era disrupsi teknologi dan persaingan yang semakin ketat. Menghadapi hal tersebut diperlukan percepatan adaptasi serta respon cepat yang inovatif dan strategi-strategi yang efektif agar UI tetap menjadi Leading University dalam mengambil peran, memberikan solusi permasalahan bangsa maupun global. Oleh karena itu, diperlukan sumber daya manusia (human capital) untuk meningkatkan kapasitas, kapabilitas dan keterampilan diri baik di tingkat nasional maupun internasional.

UI mendorong agar para pegawai dapat menginternalisasi 9 nilai-nilai UI ke dalam perilaku kehidupan sehari hari yaitu nilai Kejujuran, Keadilan, Keterpercayaan, Kemartabatan, Tanggung Jawab, Kebersamaan, Keterbukaan, Kebebasan Akademik dan Otonomi Keilmuan serta Kepatuhan pada Perundang-Undangan yang Berlaku. Nilai UI tersebut mencerminkan sikap inklusif dalam menyikapi keberagaman yang ada di UI seperti fakultas, suku, bahasa, dan budaya yang merupakan kekuatan dalam mendukung perwujudan visi dan misi UI.

Lebih lanjut Prof. Dedi berpesan kepada pegawai-pegawai yang telah diangkat sumpah dan janjinya agar selalu mengedepankan nilai UI tersebut, sehingga insan UI tidak sekedar dipandang unggul dalam intelektual dan kompetensi, namun juga memiliki sikap atau perilaku yang dapat diteladani di lingkungan bermasyarakat dan bernegara.

Penulis: Anida Asma Nadia/ editor: Finda Salsabila