Rabu, 03 Juli 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa Uad Lolos Msib Kemendikbudristek 2021

Mahasiswa Uad Lolos Msib Kemendikbudristek 2021
Wildan Ghufron dari Prodi PBSI UAD lolos program MSIB dari Kemendikbudristek 2021 (Foto: Istimewa)

Wildan Ghufron, merupakan mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) angkatan 2017. Ia mengenal dunia desain sejak 2016. Dibekali oleh kegemarannya dalam menggambar, Wildan suka mengilustrasikan jenis gambar ilustrasi anak-anak. Mahasiswa asal Batang ini juga pernah menjuarai lomba lukis di kampus tempatnya belajar.

Berkat hobi dan dukungan pihak kampus, kini Wildan lolos dalam program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Ia masuk dalam studi independen Internasional MyEduSolve PT Dwi Inti Putra dan dibimbing langsung oleh mentor dari mitra MyEduSolve. Para mentor disebut my lecture karena pekerjaan mereka mengajar berbagai pelatihan atau webinar. Ada dua mentor yakni mentor karier atau dreamer dan mentor desain atau visual B.

Pemuda kelahiran Batang, 17 Oktober 1998 itu menyampaikan, “Pembelajaran program ini dilaksanakan secara dalam jaringan (daring). Kelas dalam program dipisah menjadi dua kelas, yaitu pemula dan ahli disesuaikan dengan kemampuan siswa. Mitra di My Edu Solve membuat sebagian kelas diadakan pada malam hari selama dua jam dan kelas weekend full. Penugasan dalam program ini dilakukan setiap hari sesuai dengan topik belajar. Tugas tersebut akan berguna karena akan muncul dalam ujian sertifikasi internasional oleh Adobe Inc. Pembelajaran disesuaikan dengan soal ujian yang akan keluar, karena mentor program ini masuk juga dalam internal tim Adobe Inc. Selanjutnya, ujian dilakukan menggunakan bahasa Inggris.”

“Pesan saya, kalau teman-teman tertarik dengan program MSIB silakan ikuti saja. Menurut saya tidak harus terpaku dengan jalur prodi. Ikuti kegiatan atau program yang Anda suka, walau tidak sesuai jurusan. Saran saya, jangan minder dengan kemampuan diri karena tujuan MSIB yaitu tempat belajar untuk mahasiswa yang belum berpengalaman,” tutup mantan Pimpinan Umum (PU) Lembaga Semi Otonom (LSO) Kreativitas Kita (Kreskit) PBSI periode 2019. (Dew)