Senin, 20 Mei 2024
Perguruan Tinggi

PWM Jatim Fasilitasi LUKW UMJ Gelar Uji Kompetensi Wartawan

PWM Jatim Fasilitasi LUKW UMJ Gelar Uji Kompetensi Wartawan

Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur (PWM Jatim) memfasilitasi Lembaga Uji Kompetensi Wartawan Universitas Muhammadiyah Jakarta (LUKW UMJ) dalam menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan. Uji kompetensi diselenggarakan bagi jurnalis media afiliasi Muhammadiyah Jawa Timur di Aula Gedung PWM Jatim, Sabtu (02/03/2024).

Baca juga : Uji Kompetensi Wartawan Perlu untuk Membangun Pers Indonesia

Direktur LUKW UMJ Dr. Tria Patrianti, M.I.Kom., menerangkan bahwa UKW itu merupakan yang pertama kali diselenggarakan di PWM Jawa Timur. Ia mengapresiasi PWM Jatim yang antusias dalam menyelenggarakan program kegiatan itu.

Diketahui bahwa pelaksanaan UKW ini adalah salah satu program PWM Jatim di bawah Majelis Pustaka dan Informasi. Tria menegaskan sekaligus meyakinkan para peserta dan jajaran PWM Jatim terkait objektivitas LUKW UMJ.

“Dalam pelaksanaan UKW selalu ada yang tidak lulus, satu atau dua orang. Jadi jangan khawatir, LUKW UMJ selalu berupaya objektif menilai peserta,” ungkapnya. Ia juga membagikan pengalaman beberapa peserta yang tidak lulus.

Alasannya bermacam-macam, selain dinilai belum kompeten, tidak lulusnya peserta juga dinilai dari ketertiban dan kedisiplinan. Hal ini menurut Tria adalah bentuk profesionalitas yang dibangun oleh LUKW UMJ.

PWM Jatim Fasilitasi LUKW UMJ Gelar Uji Kompetensi Wartawan
Peserta UKW dan para penguji serta pengurus LUKW UMJ saat pembukaan UKW di Aula Gedung Sabtu (02/03/2024). (Foto : Dok.Pribadi)

“LUKW UMJ saat ini masuk tahun keempat. Meski tidak seintens LUKW lain, tapi ini adalah uji kompetensi yang kesembilan. Selamat ber-UKW. Semoga hasilnya baik, semua lulus dan kompeten,” tuturnya.

Tria berpesan pada seluruh peserta agar dapat menjalankan tugasnya sebagai peliput berita secara profesional. Ia meyakini kerja keras para kontributor media afiliasi Muhammadiyah dapat membantu mewujudkan harapan-harapan Muhammadiyah di masa mendatang.

Pada UKW kali ini, sebanyak 26 jurnalis mengikuti rangkaian materi uji yang meliputi teori dan praktik. Mereka merupakan wartawan dari berbagai media di Jatim di antaranya Matan, majelistabligh.id, pwmu.co, TvMu, pwmtv, dan lain-lain.

Sederet jurnalis berpengalaman dihadirkan untuk menjadi penguji yaitu Marah Sakti (Persatuan Wartawan Indonesia), Aat Surya Syafaat (mantan jurnalis Antara), Edy Kuscahyanto (Ketua Biro Komunikasi dan Pelayanan Umum PP Muhammadiyah), Imam Prihadiyoko (pendiri Menara62), dan Moebanoe Moera.

UKW dibuka oleh Ketua PWM Jatim Dr. Sukadiono. Turut hadir Wakil Ketua Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah Roni Tabroni, M.Si., Ketua LHKP PWM Jatim Dr. Muhammad Mirdasy, dan Ketua MPID PWM Jatim, Dr. Aribowo M.S.

Editor : Dian Fauzalia