Senin, 29 April 2024
Perguruan Tinggi

UNJA Launching SIJARI, Aplikasi Jurnal-Jurnal Terintergrasi

UNJA Launching SIJARI, Aplikasi Jurnal-Jurnal Terintergrasi

Pewarta: Silvia Yuliansari / Ratna W.
Foto: Cindy D.

Editor: Mochammad Farisi
Copyright © HUMAS UNJA 2024

Mendalo,- Peluncuran aplikasi Sistem Informasi Kinerja Jurnal dan Publikasi (SIJARI) pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jambi Tahun 2024 dilaksanakan secara hybrid pada Selasa (19/03/24) di Ruang Aula Drs. A. Hakim Lubis LPPM UNJA Mendalo.

Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor Universitas Jambi yang diwakilkan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Drs. Kamid, M.Si., Ketua LPPM, Dr. Ade Oktavia, S.E., M.M., Koordinator Pusat Jurnal dan Publikasi Ilmiah, Dr. Mukhlash Abrar, S.S., M.Hum., dengan pemateri Pradita Eko Prasetyo Utomo, S. Pd., M. Cs dan dimoderatori Zuli Rodhiyah, S.Si., M.T. serta Pengelola Jurnal di lingkungan Universitas Jambi.

Prof. Dr. Drs. Kamid, M.Si. membuka acara Launching aplikasi SIJARI dan menyampaikan harapannya pada aplikasi tersebut dalam pengelolaan jurnal di Universitas Jambi.

“Mudah-mudahan jurnal-jurnal yang kita kembangkan ini dapat bermanfaat bagi diri kita, bagi UNJA dan pada perkembangan ilmu pengetahuan,”ujar Prof. Kamid.

Ketua LPPM, Dr. Ade Oktavia, S.E., M.M. mengatakan sistem jurnal publikasi terintegrasi adalah suatu sistem yang sudah dibangun pada tahun 2023, tujuannya untuk efisiensi dan efektivitas pengelolaan jurnal di Universitas Jambi. SIJARI ini menjadi satu teknologi yang memungkinkan dari aspek pengawasan pengelolaan jurnal.

“SIJARI ini ibarat rumah bagi bapak ibu yang terdiri dari beberapa jurnal, sehingga dalam satu rumah ini menjadi satu garis koordinasi, walaupun pengelolaannya tetap berada pada prodi-prodi tetapi garis komandonya terpusat yaitu pada LPPM,” ungkap Dr. Ade Oktavia.

Koordinator Pusat Jurnal dan Publikasi Ilmiah, Dr. Mukhlash Abrar, S.S., M.Hum mengatakan bahwa SIJARI diharapkan sebagai sarana memperbaiki pengelola jurnal publikasi dan semua proses layanan-layanan akan diakses melalui SIJARI sehingga terdata dan terdokumentasi dengan baik.