Minggu, 28 April 2024
Perguruan Tinggi

KLHK Perkuat Kerjasama dengan UNTAN untuk Pembangunan Lingkungan dan Kehutanan

KLHK Perkuat Kerjasama dengan UNTAN untuk Pembangunan Lingkungan dan Kehutanan

Pada hari Rabu, 20 Maret 2024, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama UNTAN, Dr. rer.nat. Ir. R. M. Rustamaji, M.T. menyambut hangat kedatangan Tim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang melakukan Kunjungan Universitas Tanjungpura (UNTAN).

Dr. rer.nat. Ir. R. M. Rustamaji, M.T. menyambut baik atas potensi kerjasama yang lebih erat antara UNTAN dan KLHK. Ia menekankan pentingnya memanfaatkan sumber daya alam sebagai laboratorium alam yang sangat berharga. “Diversity, biodiversity, keunikan dan segala macam. Sayang kalau kita sendiri tidak memanfaatkan karunia Allah SWT,” ujarnya.

Dr. Rustamaji juga berkomitmen untuk melaporkan hasil kunjungan ini kepada Rektor UNTAN. Dia menyoroti dukungan BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) dalam kajian mengenai destinasi serta potensi optimalisasi yang dapat dielaborasi untuk memperluas peluang.

RM. Wiwied Widodo, S.Hut., M.Sc., Kepala BKSDA Kalimantan Barat, menambahkan bahwa kerjasama dengan UNTAN sudah berjalan baik selama ini, meningkatkan kapasitas kerja dan sumber daya manusia. Kerjasama ini telah mencakup berbagai kegiatan, seperti penelitian di cagar alam, penanaman pohon, serta pengajaran praktisi kepada mahasiswa.

Kunjungan ini juga merupakan langkah lanjutan dari Nota Kesepahaman (MoU) antara KLHK dan 5 perguruan tinggi, termasuk UNTAN, yang ditandatangani pada 20 Februari 2024 di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta. Nota Kesepahaman tersebut bertujuan untuk memperkuat pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan.

Dengan kunjungan ini, harapannya kerjasama antara UNTAN dan KLHK terjalin semakin erat dan memberikan kontribusi yang signifikan dalam upaya pelestarian lingkungan dan kehutanan di Indonesia.