Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

FIKes UNISA Yogyakarta Dukung Kegiatan Pembagian Sembako dengan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

FIKes UNISA Yogyakarta Dukung Kegiatan Pembagian Sembako dengan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Pada Rabu (20/03), Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKes) Universitas ’Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta memberikan dukungan yang berarti dalam kegiatan pembagian sembako yang diadakan di Convention Hall Masjid Walidah Dahlan. Mereka menerjunkan Organisasi Mahasiswa FIKes untuk memberikan pemeriksaan kesehatan gratis kepada warga yang hadir.

Dekan FIKes UNISA Yogyakarta M. Ali Imron, M.Fis mengatakan bahwa FIKes sebagai pusat pemberdayaan kesehatan tidak hanya memperhatikan kesehatan rohani, tetapi juga kesehatan jasmani masyarakat melalui kegiatan pencegahan penyakit kronis dengan kegiatan yang dilakukan saat ini.

Dalam upaya meningkatkan kesadaran kesehatan, FIKes UNISA Yogyakarta tidak hanya menyediakan pemeriksaan kesehatan gratis, tetapi juga menyelenggarakan penyuluhan kesehatan bagi masyarakat. Tiwi Sudyasih, S.Kep., Ns., M.Kep, seorang dosen dari program studi keperawatan FIKes UNISA Yogyakarta, ditunjuk sebagai narasumber untuk penyuluhan kesehatan tersebut.

Dalam penyuluhan, Tiwi menyampaikan 9 kiat agar tetap sehat dan kuat selama menjalankan ibadah puasa. Sementara itu, mahasiswa dari organisasi mahasiswa FIKes yang bertugas dalam pemeriksaan kesehatan menyediakan beberapa tes, termasuk pemeriksaan asam urat, gula darah, kolesterol, pemeriksaan gizi, dan layanan fisioterapi.

Antusiasme warga sangat terlihat dengan antrian yang panjang untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan. Keberhasilan kegiatan ini menunjukkan komitmen FIKes UNISA Yogyakarta dalam mendukung kesehatan masyarakat dan berperan aktif dalam memberikan kontribusi positif kepada komunitas.