Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Kuatkan Ukhuwah & Perbanyak Ibadah di Bulan Berkah

Kuatkan Ukhuwah & Perbanyak Ibadah di Bulan Berkah

Ramadhan merupakan bulan penuh hikmah dan pengampunan. Oleh karena itu, momentum tersebut harus kita manfaatkan untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan dalam momentum tersebut yaitu Pesantren Ramadhan.

Kamis, 21 Maret 2023, seluruh siswa kelas X dan XI SMAHA mengikuti kegiatan Pesantren Ramadhan yang digawangi oleh Rohis SMAHA. Kegiatan ini dimulai pukul 08.00-20.30 WIB. Banyak sekali rancangan kegiatan yang diikuti siswa, antara lain tilawah, tahsin ibadah, khataman, kajian, sholat wajib berjamaah, buka bersama, sholat tarawih, dan games. Melalui kegiatan ini diharapkan siswa/siswi SMAHA menjadi lebih paham mengenai ilmu agama serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Ustadz Muhammad Amin, S.Sos.I., hadir sebagai pembicara dalam sesi kajian senja. Beliau membawakan kajian dengan tema “Bagaimama agar Ramadhan Menyehatkan Hati”. Beliau memotivasi peserta kajian untuk selalu bertaqwa kepada Allah. Menurutnya ada empat keuntungan orang yang bertaqwa yaitu dibukakan jalan keluar, didatangkan rezeki dari arah yang tidak disangka, dimudahkan semua urusannya, dan terhindar dari rasa takut dan kesedihan. Selain itu, beliau menjelaskan lima ciri orang yang bertaqwa yaitu suka bersedekah, bisa mengelola amarah, mau memaafkan, berbuat baik, dan bertaubat. “Bulan Ramadhan ini menjadi lahan yang subur untuk kita berbuat kebaikan, karena Allah akan melipatgandakan pahala kita”, tambah Ustadz Amin.

Setelah kajian senja selesai, kegiatan dilanjutkan dengan buka bersama, sholat maghrib, sholat isya, serta tarawih berjamaah. Kegiatan ditutup dengan pembagian doorprize dari panitia Rohis.