Minggu, 28 April 2024
Perguruan Tinggi

FILKOM Gelar Kuliah Tamu GeoAI: Present Issues & Future Challenges

FILKOM Gelar Kuliah Tamu GeoAI: Present Issues & Future Challenges

Dr. Sc. Fatwa Ramdani, S.Si., M.Sc. Assistant Professor di University of Tsukuba, Jepang hadir di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) sebagai pemateri dalam Kuliah Tamu GeoAI: Present Issues & Future Challenges pada Rabu (20/3/2024). Kegiatan ini dilaksanakan di aula algoritma Gedung G lantai 2 dan diikuti oleh ratusan mahasiswa FILKOM.

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Dekan FILKOM. Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT, Ph.D.  Dia mengucapkan terima kasihnya atas kesediaan Dr. Sc. Fatwa menyempatkan waktu berbagi ilmu dengan mahasiswa FILKOM. Prof. Wayan juga menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya untuk memberikan tambahan wawasan dan meningkatkan kualitas lulusan.

“Jadi saat ini fakultas tidak sekedar memberikan perkuliahan dan menjalankan kegiatan akademik saja. Tapi fakultas juga diberi beban untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas. Ukuran lulusan yang berkualitas adalah yang cepat bekerja, atau cepat studi lanjut atau cepat berwirausaha. Kegiatan ini adalah salah satu upaya kita untuk mencapai itu. Saya yakin pak Fatwa akan memberikan wawasan bahwa lulusan ilmu komputer tidak harus melanjutkan studi di bidang ilmu komputer atau informatika juga. Tapi ada bidang-bidang lain yang memang intersectionnya cukup besar dengan ilmu komputer. Sehingga harapannya bisa menambah semangat mahasiswa di FILKOM,” ungkap Prof. Wayan.

Pada sesi utama, sebelum memulai pemaparannya tentang GeoAI Dr. Sc. Fatwa terlebih dahulu memperkenalkan University of Tsukuba tempat dirinya mengajar. Dia menjelaskan tentang sejarah berdirinya, lokasi, akses transportasi, keberagaman mahasiswa dan dosennya, serta berbagai penelitian yang dilakukan di laboratorium yang dipimpinnya. Setelah perkenalan singkat tentang University of Tsukuba, Dr. Sc. Fatwa mulai masuk dalam materi inti tentang penjelasan Sustainable Development Goals (SDG’s) dan (Geospatial Artificial Intelligence) GeoAI. SDG’s atau dikenal juga dengan Global Goals adalah 17 tujuan yang disepakati oleh seluruh negara anggota Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yang bisa dicapai di tahun 2030, termasuk diantaranya menghapus kemiskinan (end poverty), mengakhiri kelaparan (zero hunger), serta mengupayakan kesehatan yang baik dan kesejahteraan (good health and well-being). Dr. Sc. Fatwa juga menyampaikan bagaimana penerapan SDG’s di Indonesia berdasarkan SDG Index 2020 serta bagaimana GeoAI dapat digunakan untuk mewujudkan SDG’s. [dna/rr/OKY/Humas UB]
Materi Kuliah Tamu dapat diakses di tautan berikut https://drive.google.com/file/d/1PTp1xcpQ457weMadwKYZiBnGr2FQmpkx/view?usp=sharing