Selasa, 30 April 2024
Perguruan Tinggi

Simak Disini, Ada Yang Baru Dari UTBK-SNBT 2024

Simak Disini, Ada Yang Baru Dari UTBK-SNBT 2024

Jember, 4 April 2024

Penutupan pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK-SNBT) 2024 akan berakhir sebentar lagi, tepatnya tanggal 5 April pukul 15.00 WIB mendatang. Bagi calon mahasiswa baru di seluruh Indonesia, SNBT merupakan jalur seleksi terpadu untuk masuk ke perguruan tinggi negeri, memberikan peluang emas bagi generasi muda untuk meraih pendidikan tinggi yang berkualitas.

Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Jember, Prof. Slamin menjelaskan untuk pelaksanaan UTBK-SNBT tahun ini akan ada tes isian singkat yang harus diisi oleh peserta. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yang hanya menggunakan sistem pilihan ganda atau multiple choice. “Sehingga harapannya peserta dapat mempersiapkan dengan baik. Para peserta dapat melihat contoh soal di laman resmi SNBT.”

Selain itu, Prof. Slamin menekankan bahwa dalam menentukan prodi yang akan dipilih harus disesuaikan dengan minat dan kemampuan masing-masing calon mahasiswa. “Ayo kenali apa kemampuan anda, apa cita-cita anda supaya tidak salah dalam menentukan pilihan dan menyesal di kemudian hari.”

“Dalam pemilihan prodi peserta diberi empat pilihan, terdiri dari dua program akademik dan dua program vokasi. Pemilihan program studi ini perlu diperhatikan dengan seksama termasuk dalam penentuannya, pastikan bahwa peserta benar-benar sreg dengan pilihannya. Karena jika sudah diterima di jalur SNBT dan terjadi ketidaksesuaian maka tidak bisa mendaftar di jalur mandiri kecuali belum melaksanakan daftar ulang.” ungkapnya.

Prof. Slamin, Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Jember

Prof. Slamin juga berkesempatan menjelaskan dalam podcast Ngobrol Santai Penerimaan Mahasiswa Baru 2024 (26/3) bahwa yang menarik di UNEJ adalah tidak ada background pendidikan khusus untuk masuk di semua program studi contohnya fakultas kedokteran, jika dahulu untuk bisa mendaftar di Fakultas Kedokteran adalah siswa dari jurusan IPA, saat ini ketentuannya membebaskan semua siswa dari seluruh jurusan. Namun kembali lagi perlu diingat bahwa background pendidikan itu penting untuk menunjang pembelajaran ke depannya.

“Bagi adik-adik calon mahasiswa baru yang masih bimbang dalam memilih Perguruan Tinggi Negeri (PTN), jangan ragu untuk menempatkan UNEJ pada pilihan pertama. Selain terakreditasi unggul dan 13 prodi terakreditasi internasional, UKT di Universitas Jember juga tergolong terjangkau dan pihak universitas selalu berupaya untuk menyediakan beasiswa kepada mahasiswanya. Baik dari universitas sendiri seperti beasiswa fungsionaris, mahasiswa berkarya maupun dari pihak eksternal seperti beasiswa Bank Indonesia, BRIlian Scholarship, dan beasiswa yang bersumber dari pemerintah daerah.” ungkapnya.

Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta yang akan mendaftar SNBT, sama seperti tahun-tahun sebelumnya yakni peserta harus memiliki akun terlebih dahulu sebelum mendaftar. Informasi mengenai persyaratan secara lengkap dapat ditemukan di portal resmi https://www.bppp.kemdikbud.go.id/utbk-snbt/informasi-umum termasuk ketentuan umum, persyaratan peserta, dokumen yang harus dilengkapi dan tentunya biaya pendaftaran. Bagi peserta yang belum mempunyai ijazah bisa menggunakan surat keterangan lulus (SKL) yang dikeluarkan secara resmi oleh sekolah. Untuk mahasiswa yang memilih Paket C, baik dari tahun 2022, 2023 atau 2024, tetap diperbolehkan untuk mendaftar asalkan usianya tidak lebih dari 25 tahun per 1 Juli 2024. (dil)