Minggu, 23 Juni 2024
Sekolah Menengah Pertama

Sidang Pleno Kelulusan Tapel 2023/2024

Rapat kelulusan siswa-siswi kelas 9 MTs Negeri 7 Jember diselenggarakan pada Jum’at, 08 Juni 2024 di Aula MTsN 7 Jember. Rapat ini dihadiri oleh seluruh wali kelas 9 serta bapak/ibu guru MTs Negeri 7 Jember. Ada beberapa agenda pembahasan pada rapat kali ini diantaranya; persiapan rapotan kelas 7 & 8, persiapan tahun pelajaran 2024/2025, persiapan E-Kinerja triwulan ke-2, kinerja tentang program adiwiyata & literasi, PPDB dan penentuan kelulusan siswa-siswi kelas 9.

Adapun rujukan yang dijadikan sebagai penentuan kriteria kelulusan yaitu Dokumen 1 madrasah. Beberapa kriteria yang tertuang dalam Dokumen 1 yaitu siswa memiliki nilai raport semua mata pelajaran mulai dari semester 1-6 (selama 3 tahun), siswa mengikuti ujian madrasah dengan baik, lulus kelompok praktik mata pelajaran agama dan beberapa mata pelajaran umum, mengikuti ujian yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan, memiliki nilai berperilaku minimal baik, serta mencapai presentase kehadiran yang telah ditentukan oleh madrasah.

Penentuan kelulusan bagi siswa-siswi kelas 9 MTs Negeri 7 Jember berdasarkan keputusan rapat pleno yang diselenggarakan. Pada tahap ini telah dilakukan berbagai tahapan pembinaan kepada siswa-siswi yang memiliki catatan poin pelanggaran selama pembelajaran di madrasah. Perlu adanya pertimbangan yang dimusyawarahkan sebelum penentuan kelulusan baik antara wali kelas, guru, dan guru bimbingan konseling. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui apakah siswa yang bersangkutan memiliki catatan poin pelanggaran atau tidak.

Tepat pukul 14.30 WIB, sejumlah 261 siswa yang terdiri dari 134 siswa laki-laki dan 127 siswa perempuan dinyatakan lulus 100%. Kepala madrasah menyampaikan apresiasi kepada para wali kelas 9 yang telah mendampingi siswa-siswi hingga bisa lulus dengan baik. Beliau berharap dengan adanya rapat pleno kelulusan ini bisa membentuk komitmen bersama para siswa untuk bisa bertanggung jawab dalam menyelesaikan segala tahapan hingga tuntas.