Minggu, 23 Juni 2024
Sekolah Menengah Pertama

Agenda Radin di Mei

Agenda Radin di Mei

Umbulsari — MTs Negeri 7 Jember menggelar rapat dinas yang dilaksanakan pada 17 Mei 2024 bertempat di Laboratorium MTsN 7 Jember. Rapat dinas dipimpin langsung oleh Waka Kurikulum, Hermawan Supriyadi, S.Pd. dan dimulai pada pukul 12.50 WIB. Rapat dihadiri oleh seluruh guru dan karyawan MTsN 7 Jember.

Rapat diawali dengan pengarahan dari Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jember, Ihsanuddin, S.Pd., M.Pd. yang menyampaikan tentang evaluasi kegiatan sekaligus mengingatkan tentang pentingnya introspeksi diri. “Kita sebagai manusia pasti sering melakukan kesalahan dan lupa. Oleh sebab itu perlu senantiasa melakukan introspeksi diri dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya” tegasnya. Beliau berharap bahwa selanjutnya seluruh guru dan karyawan MTsN 7 Jember dapat bertugas dengan sebaik mungkin dalam menjalankan kewajiban dan tanggung jawab masing-masing.

MTsN 7 Jember merupakan salah satu sekolah yang berbasis ilmu agama. Oleh sebab itu, perlu dilakukan peningkatan kegiatan terutama dalam pembinaan ilmu agama dan akhlak peserta didik. Selain itu, MTsN 7 Jember juga dikenal sebagai madrasah literasi yang ditunjang oleh hasil karya tulis siswa-siswi dan guru MTsN 7 Jember. Pelaksanaan program madrasah adiwiyata terus diupayakan untuk dapat menumbuhkan rasa peduli lingkungan serta melibatkan langsung seluruh warga sekolah dalam program adiwiyata. Salah satu agenda kegiatan guru yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat yaitu realisasi kegiatan MGMP dalam madrasah. Untuk realisasi MGMP akan dibentuk jadwal pertemuan sesuai bidang mata pelajaran. Semua guru akan berkumpul untuk menyiapkan peserta didik dalam pembelajaran yang lebih baik. Terdapat perubahan paradigma dalam kegiatan pembelajaran dimana pembelajaran tidak hanya berpusat pada guru melainkan pada peserta didik. Saat ini pembelajaran banyak berbasis pada perkembangan teknologi sehingga sebagai seorang pendidik perlu mengembangkan kompetensi yang dimiliki dengan mengikuti berbagai pelatihan dan seminar pembelajaran.

Agenda rapat selanjutnya yaitu diseminasi hasil Pelatihan Di Wilayah Kerja (PDWK) tentang Implementasi Kurikulum Merdeka oleh beberapa perwakilan guru MTsN 7 Jember yang telah mengikuti pelatihan. Adapun cakupan meteri yang disampaikan diantaranya tentang Kurikulum Operasional Madrasah (KOM), penyusunan tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran, pengelolaan pembelajaran, dan pelaksanaan PP2RA kurikulum merdeka. Kemudian rapat dinas ditutup dengan penyampaian informasi Waka MTsN 7 Jember dan diakhiri dengan doa.