Minggu, 23 Juni 2024
Sekolah Menengah Pertama

Pemantapan Rohani dengan Khotmil Qur’an

Pemantapan Rohani dengan Khotmil Qur’an

Umbulsari — Khotmil Qur’an merupakan suatu kegiatan atau aktivitas membaca Al-Qur’an dari awal hingga akhir. MTs Negeri 7 Jember pada Jum’at, 31 Mei 2024 mengadakan kegiatan khotmil qur’an yang dilaksanakan di Mushola Mahallul Qiyam. Kegiatan ini diikuti oleh para guru, karyawan, OSIM, serta siswa-siswi kelas tahfidz MTsN 7 Jember. Pelaksanaan kegiatan khotmil qur’an termasuk dalam salah satu agenda rutin yang diadakan oleh MTsN 7 Jember dalam rangka meningkatkan kecintaan dan pemahaman terhadap Al-Qur’an. Oleh sebab itu, dalam kesempatan ini Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jember, Ihsanuddin, S.Pd., M.Pd. menyampaikan apresiasinya kepada seluruh guru, karyawan, serta anak-anak yang telah hadir mengikuti kegiatan ini.

Kegiatan khotmil qur’an dipandu oleh Drs. Hasit, M.Pd.I. diawali dengan pembacaan tawasul. Ada beberapa hikmah berkhotmil qur’an diantaranya;

  1. Mendekatkan diri kepada Allah dengan membaca Al-Qur’an. Pada saat ini, kita seringkali disibukkan dengan adanya HP yang bisa mengikis kebiasan baik yang sering kita lakukan seperti membaca Al-Qur’an. Kegiatan khotmil qur’an dapat memberikan dampak yang positif dalam membentuk komunitas baik untuk mendekatkan diri kepada Allaj dengan membaca Al-Qur’an.
  2. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan seseorang. Hal tersebut karena Al-Qur’an berisi banyak ajaran dan petunjuk selama kita hidup di dunia.
  3. Pahala yang berlipat ganda. Dengan membaca Al-Qur’an kita akan memperoleh pahala dari Allah SWT.
  4. Meningkatkan pengetahuan agama. Selain membiasakan diri untuk membaca Al-Qur’an kita juga perlu memahami isi kandungan yang terdapat di dalamnya. Sehingga suatu ketika kita tidak hanya mengerti tetapi juga bisa mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Menyucikan hati dan jiwa. Membaca Al-Qur’an dapat membuat hati kita menjadi tenang. Dengan membaca Al-Qur’an mampu mengisi kekosongan hati kita.
  6. Memperkuat tali silaturahmi. Dengan kita mengikuti acara khotmil qur’an, maka secara tidak langsung kita saling bertemu dan berkumpul sehingga tercipta jalinan silaturahmi dan kekeluargaan.
  7. Memperoleh keberkahan Al-Qur’an. Melalui khotmil qur’an kita berharap bisa mendapatkan keberkahannya sehingga segala doa dan hajat yang kita miliki bisa dikabulkan oleh Allah SWT. Serta hidup kita selama di dunia dipenuhi oleh keberkahan.
  8. Mengajarkan kedisiplinan dan konsistensi.
  9. Mengajarkan generasi muda untuk mencintai Al-Quran. Saat ini ada banyak metode dalam pembelajaran Al-Qur’an bagi generasi muda. Diantaranya mulai belajar membaca dengan iqra’. Selain itu juga bisa melalui berbagai platform digital yang menyediakan tuntunan membaca Al-Qur’an.
  10. Menjadi teladan yang baik. Dengan mengikuti kegiatan khotmil qur’an kita bisa menjadi teladan bagi orang-orang yang ada di sekitar kita. Sebuah teladan di sekolah dimulai oleh gurunya. Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa membentuk teladan bagi siswa-siswi MTsN 7 Jember.