Sabtu, 29 Juni 2024
Sekolah Menengah Atas

CLARISA NAILA IMTIYAS SISWA MAN 1 GRESIK RAIH JUARA FAVORIT DUTA GENRE 2024

CLARISA NAILA IMTIYAS SISWA MAN 1 GRESIK RAIH JUARA FAVORIT DUTA GENRE 2024

CLARISA NAILA IMTIYAS SISWA MAN 1 GRESIK RAIH JUARA FAVORIT DUTA GENRE 2024

Prestasi mengesankan kembali berhasil dipersembahkan oleh siswa MAN 1 Gresik. Tidak hanya prestasi dalam bidang akademik, namun prestasi di bidang nonakademik. Prestasi kali ini berhasil dipersembahkan oleh siswa yang duduk di kelas XII MIPA 4. Siswa tersebut yaitu Clarisa Naila Imtiyaz.

Clarisa sapaan akrab siswa MAN 1 Gresik yang juga tercatat sebagai santri Pondok Pesantren Al Munawaroh tersebut, sukses mencatatkan dirinya sebagai Juara Favorit Duta Genre 2024. Ia sukses meraih juara favorit 2024 setelah melalui serangkaian kegiatan selama mengikuti program duta genre. Kebehrasilan tersebut juga sebagai catatan penting bahwa MAN 1 Gresik selalu berhasil mengirimkan delegasinya dalam Duta Genre Kabupaten Gresik. Bahkan pada tahun-tahun sebelumnya, MAN 1 Gresik sukses mengantarkan Agika Rahma Putri hingga lolos babak final pemilihan duta genre tingkat Jawa Timur.

Keberhasilan Clarisa Naila menjadi juara favorit dalam ajang pemilihan duta genre melalui jalan berliku. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Di babak awal, ia harus mengikuti seleksi administrasi. Setelah dinyatakan lolos tes adminsitrasi, berikutnya Clarisa harus mengikuti serangkaian tes wawancara. Ia dituntut untuk mampu menjelaskan dengan lugas tentang wawasan dan ide terkait generasi berencana. Selain itu ia harus mampu menyampaikan tentang program-program yang akan direalisasikan apabila terpilih sebagai Duta Genre.

Setelah dinyakatan lolos seleksi wawancara. Clarisa pun harus menjalani proses karantina. Pada proses Carantina ini, siswa yang juga mahir berbahasa Inggris tersebut juga mengikuti serangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh panitia penyelenggara. Para finalis harus mengikuti kegiatan promosi budaya dan produk lokal Gresik.

Penganugerahan juara Duta Genre sendiri dilaksanakan pada Sabtu, 8 Juni 2024. Keberhasilan ini menjadi sebuah catatan penting, bahwa MAN 1 Gresik merupakan madrasah yang bercirikan agama Islam namun tidak mengesampingkan penguatan wawasan secara umum. MAN 1 Gresik menyeimbangkan antara penguasaan ilmu agama yang diimplementasikan dalam ilmu pengetahuan umum.

Kepala MAN 1 Gresik, Drs. H. Muhari, M.Pd.I menyampaikan selamat langsung kepada Clarisa. Juara yang diraih ini merupakan kado terindah di pengujung akhir tahun ajaran 2023/2024. Keberhasilan ini juga sebagai wujudu nyata MAN 1 Gresik terhadap pengembangan minat dan bakat siswa. Tidak hanya penguatan akademik, namun juga penguatan bidang nonakademik. Semoga pada tahun-tahun berikutnya MAN 1 Gresik tetap konsisten dalam partisipasi dalam ajang Duta Genre.