Rabu, 26 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Prodi Pendidikan Seni Tari Angkatan 2022 Gelar Decoreus Tradition

Prodi Pendidikan Seni Tari Angkatan 2022 Gelar Decoreus Tradition

(Unila): Program Studi (Prodi) Pendidikan Seni Tari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP ga) Universitas Lampung (Unila) angkatan 2022 menyelenggarakan Decoreus Tradition. 

Kegiatan bertajuk “Gelar Kreasi Lestarikan Tradisi” ini berlangsung di Gedung Teater Tertutup (GTT) Taman Budaya Provinsi Lampung, pada Sabtu, 15 Juni 2024.

Decoreus Tradition merupakan acara tahunan yang diadakan mahasiswa Prodi Pendidikan Seni Tari Unila. Kegiatan ini juga sebagai bentuk output dari mata kuliah Koreografi Tradisi. Saat ini Decoreus Tradition sudah memasuki tahun keempat diselenggarakan.

Kegiatan juga dihadiri para Dosen Prodi Pendidikan Seni Tari FKIP Unila yaitu Goesthy Ayu Mariana Devi Lestari, M.Sn., dan Lora Gustia Ningsih, M.Sn., selaku dosen praktisi mata kuliah koreografi tradisi.

Jodi Chaniago selaku ketua produksi acara Decoreus Tradition menyampaikan, proses persiapan dan latihan dilakukan selama satu semester.

“Kami sudah menyiapkan acara dari jauh-jauh hari. Output ujian koreografi tradisi menampilkan karya tari kreasi baru yang terangkat dari tradisi. Pertama kami mencari konsep dan narasumber, dilanjutkan dengan proses penggarapan tarian,” ungkapnya.

Terdapat sepuluh karya tari yang menghiasi panggung Taman Budaya yaitu Panga, Jejegh Telu, Bebai Tinung, Mit di Batu, Jak Melinting, Sejaloo, Cakkak Tayuhan, Si Ampang Limo, Bukha Khong, dan Gengsor.

Tari kreasi tersebut dipersembahkan mahasiswa prodi pendidikan tari angkatan 2022 untuk memenuhi ujian akhir semester (UAS) mata kuliah koreografi tradisi.

Penampilan sepuluh karya tari ini sangat diapresiasi para penonton, salah satunya Riska Milia. “Kagum, kaget, dan terpukau di setiap tariannya. Setiap gerakannya memiliki makna dan emosi yang mampu dirasakan penonton. Dari segi tata rias, busana, dan setting panggung membuat saya terpukau. Kostumnya juga mewah dan unik,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan harapannya agar tarian-tarian di Lampung semakin berkembang dan banyak dikenal masyarakat Indonesia. “Semoga banyak anak muda yang ingin mengekspresikan dirinya melalui tarian dan terus melestarikan budaya serta berkreasi melalui tari,” kata dia.

Jodi Chaniago mewakili seluruh angkatan 2022 Prodi Pendidikan Seni Tari berharap, Decoreus Tradition terus sukses, selalu menampilkan karya-karya terbaik, lebih variatif, dan lebih baik lagi dari tahun sebelumnya. [Magang_Putri Choirunisa]