Sabtu, 29 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Rektor Lepas 14 Atlet UNNES untuk Kejuaraan ASEAN University Games

Rektor Lepas 14 Atlet UNNES untuk Kejuaraan ASEAN University Games

Rektor Universitas Negeri Semarang (UNNES) secara resmi melepas 14 atlet terbaiknya untuk berpartisipasi mewakili Indonesia dalam ASEAN University Games (AUG) pada Rabu, (19/2) di gedung H Rektorat UNNES, Jawa Tengah.

Kejuaraan yang akan berlangsung mulai 25 Juni hingga 7 Juli 2024 ini merupakan turnamen internasional yang dihadiri oleh sekitar 4.000 atlet dan official dari sebelas negara anggota ASEAN University Sports Council (AUSC), yakni Thailand, Myanmar, Singapura, Filipina, Malaysia, Kamboja, Laos, Vietnam, Brunei, Timor Leste, dan Indonesia sebagai tuan rumah. 

Dalam kompetisi yang mempertandingkan kurang lebih 20 cabang olahraga, atlet UNNES berpartisipasi dalam lima cabang olahraga di antaranya Sepak Takraw, Panahan, Bridge, Atletik (Lempar cakram dan Lompat Jauh), Wushu dan Handball. Mereka berasal dari program studi PJKR (8), POR S2(2), PKO (1), PJSD (1), IKOR (1), dan PPKN (1)

Dalam sambutannya, Rektor UNNES Prof. S. Martono, M.Si berpesan kepada para atlet untuk memberikan yang terbaik dan menjaga nama baik diri sendiri, keluarga, lembaga, dan tentunya negara Indonesia. 

“Karena saudara mewakili negara kita maka dalam kompetisi ini junjunglah karakter sesuai dengan karakter bangsa kita, beretika, beradab dan ramah. Jaga kesehatan saudara semua, kami yakin jika saudara memberikan yang terbaik maka hasilnya juga akan baik,” ungkapnya.

Turut serta dalam pelepasan ini, Wakil Rektor I bidang akademik dan kemahasiswaan, Dekan FIK, Dekan FISIP, Wakil Dekan I FIK, Wakil Dekan I FISIP,  Kepala Seksi Pengembangan Kemahasiswaan, coach dan para atlet.

Dijadwalkan pembukaan AUG akan digelar pada 25 Juni di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UNISA) Surabaya, sementara penutupan akan berlangsung di Universitas Negeri Malang (UM).

Dengan dukungan UNNES, para atlet diharapkan dapat menunjukkan semangat juang tinggi dan membawa kebanggaan bagi Indonesia serta  menjadi ajang mempererat persahabatan antarbangsa dan membangun semangat sportivitas di kalangan mahasiswa se-ASEAN.