Rabu, 03 Juli 2024
Perguruan Tinggi

Prodi Pendidikan Ekonomi UNNES Gelar Workshop Penulisan Ilmiah dan Bahan Ajar untuk Guru, Siap Hadapi Tantangan Era Digital

Prodi Pendidikan Ekonomi UNNES Gelar Workshop Penulisan Ilmiah dan Bahan Ajar untuk Guru, Siap Hadapi Tantangan Era Digital

Sebagai upaya mempersiapkan pendidik dalam menghadapi tantangan era digital dengan keterampilan literasi dan penulisan ilmiah yang lebih baik, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Negeri Semarang (UNNES) menyelenggarakan Workshop Karya Ilmiah dan Bahan Ajar Fase F, yang bertujuan untuk mengasah keterampilan literasi para guru MGMP Ekonomi SMA se-Jawa Tengah yang bertempat di Aula Muhammad Hatta Lantai 3 Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNNES pada Selasa, (25/6).

Kegiatan yang dihadiri oleh oleh guru-guru mata pelajaran ekonomi dan bisnis digital, yang tergabung dalam MGMP Guru Ekonomi se-Jawa Tengah ini dirancang khusus untuk memperkuat kemampuan para guru dalam menyusun karya ilmiah serta bahan ajar yang berkualitas, sesuai dengan standar pendidikan terbaru. Melalui inisiatif ini, diharapkan para pendidik dapat lebih siap menghadapi tantangan di era digital dan memberikan pendidikan yang lebih baik kepada siswa mereka.

Acara dibuka dengan sambutan Dr. Jarot Tri Bowo Santoso S.Pd., M.Si. selaku Koordinator Program Studi Pendidikan Ekonomi FEB UNNES. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan oleh 3 narasumber yaitu Prof. Dr. Joko Widodo, M.Pd. sebagai narasumber Penulisan Karya Ilmiah, Mia Liliawati, S.Pd., Gr., sebagai narasumber Bahan Ajar Ajar Ekonomi, dan Suspeni, S.Pd., sebagai narasumber Kurikulum Fase F.

Workshop ini mencakup pelatihan intensif tentang berbagai aspek penulisan ilmiah, termasuk metodologi penelitian, teknik penulisan, dan penyuntingan. Selain itu, para peserta juga akan mempelajari strategi penyusunan bahan ajar yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan siswa saat ini. Dengan adanya pelatihan ini, guru-guru diharapkan mampu menghasilkan karya ilmiah dan bahan ajar yang tidak hanya memenuhi standar akademik, tetapi juga dapat diterapkan secara efektif dalam proses pembelajaran.

Para peserta jugaa akan mendapatkan berbagai manfaat, termasuk peningkatan keterampilan menulis, kemampuan menyusun bahan ajar yang efektif, serta sertifikat kompetensi yang diakui secara nasional. Selain itu, para guru juga mendapatkan kesempatan untuk mempublikasikan karya ilmiah mereka di jurnal terakreditasi, yang tentunya akan menambah nilai akademis dan profesionalisme. Tidak kalah penting, workshop ini juga membuka peluang bagi para pendidik untuk membangun jaringan profesional dengan sesama guru dan peneliti.

Program Studi Pendidikan Ekonomi berharap agar workshop ini nantinya dapat memberikan kontribusi nyata dalam memperkuat kemampuan individu para pendidik, memberikan langkah konkret untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang lebih baik dan berkualitas, serta lebih siap menghadapi tantangan di masa depan sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.