Rabu, 03 Juli 2024
Perguruan Tinggi

Prodi Biologi UIN STS Jambi Kuliah Umum Bersama Prodi Biologi Unja

Prodi Biologi UIN STS Jambi Kuliah Umum Bersama Prodi Biologi Unja

Mahasiswa Program Studi Biologi FST UIN STS Jambi turut menghadiri Undangan Kuliah Umum dan PDMB yang diselenggarakan Program Studi Biologi FST Unja di Hutan Kota Muhammad Sabki Kota Jambi (22/06) lalu.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan kemampuan adaptasi mahasiswa Biologi di lingkungan luar. Serta, peningkatan soft skill dan hard skill mahasiswa biologi, juga untuk meningkatkan kedisiplinan dan cekatan bagi mahasiswa biologi. Mahasiswa tidak hanya belajar teoritis didalam kelas, namun mahasiswa juga harus memiliki kemampuan untuk mengenali lingkungan sekitar. Selain itu, tujuan kegiatan ini juga untuk membentuk rasa kebersamaan antara sesama dosen, dosen dengan mahasiswa maupun mahasiswa dengan mahasiswa.

Kegiatan PDMB juga melatih ketangkasan mahasiswa dengan adanya kegiatan hacking mengelilingi Hutan Kota. Seperti hacking ini dilakukan setelah kegiatan kuliah umum selesai dilakukan. Hacking yang dilakukan oleh mahasiswa terbagi menjadi beberapa gugus melewati pos yang telah ditentukan oleh panitia. Setiap pos terdapat tugas yang harus diselesaikan oleh gugus peserta seperti pengenalan nama-nama spesies dan lain sebagainya.

Kegiatan kuliah umum dan PDMB ini juga dihadiri oleh seluruh mahasiswa Biologi FST UIN STS Jambi. Serta didampingi oleh Ketua Program Studi Biologi FST UIN STS Jambi, Bayu Kurniawan, S.Si., M.Sc dan Sekretaris Prodi Aini Qomariah Manurung, M.Si. Mengingat antara FST UIN STS Jambi dengan FST Unja sudah memiliki MoA sehingga kegiatan ini bisa menjadi implementasi dari kerjasama.

Kami berharap, kegiatan serupa untuk kedepannya dapat dilaksanakan lagi dan dapat berkolaborasi terus menerus sehingga mampu bersinergi bersama untuk memajukan Program Studi Biologi.