Jumat, 05 Juli 2024
Perguruan Tinggi

TIM IDBU Psikologi, Teknik Lingkungan, dan Spesialis Mata UNDIP Lakukan Psiko-Edukasi Lingkungan dan Kesehatan

TIM IDBU Psikologi, Teknik Lingkungan, dan Spesialis Mata UNDIP Lakukan Psiko-Edukasi Lingkungan dan Kesehatan

BATANG – Tim Iptek bagi Desa Binaan Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang menggelar pelatihan psiko-edukasi lingkungan dan kesehatan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Kalisalak, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, di Balai Desa Kalisalak, pada Sabtu (29/6/2024).

Menurut Ketua TIM Iptek bagi Desa Binaan UNDIP (IDBU) yang juga Dekan Fakultas Psikologi UNDIP, Prof. Dian Ratna Sawitri, Ph.D, kegiatan edukasi lingkungan dan kesehatan kepada masyarakat yang ini merupakan program multiyears dan bersifat multidisiplin dengan melibatkan expert dari bidang psikologi, teknik lingkungan, serta kedokteran dan kesehatan.

Pada sesi pertama, dr. Andhika Guna Dharma, Sp.M(K), FICS bersama tim Program Studi Spesialis Mata Fakultas Kedokteran UNDIP memberikan penyuluan mengenai Pencegahan dan Penganan Dampak Perilaku dan Lingkungan pada Kesehatan Mata. Beragam masalah sehari-hari mengenai mata yang muncul karena perilaku yang terkait dengan kebersihan cukup menarik perhatian dan menjadi bahasan utama dalam diskusi.

Pada sesi berikutnya, Prof. Mochamad Arief Budihardjo, S.T., M.Eng.Sc,; Env.Eng, Ph.D; Dr.Ling.; Ir. Sri Sumiyati, S.T., M.Si., IPM; dan Prof. Dr. Ir. Badrus Zaman, S.T., M.T., IPM., ASEAN.Eng dari Departemen Teknik Lingkungan berserta tim pendukung dalam kesempatan tersebut melakukan psikoedukasi dan pelatihan pembuatan tas batik ecoprint. Ecoprint merupakan salah satu teknik pewarnaan tekstil kontemporer menggunakan bahan alami, diantaranya menggunakan bunga, batang, daun, dan akar yang tidak menghasilkan limbah yang berbahaya bagi lingkungan. Tim psiko-edukasi lingkungan mengajak tim penggerak PKK untuk melakukan langkah-langkah dengan: membentangkan kain di atas meja, menempelkan daun-daunan yang diinginkan, memukul kain dengan menggunakan palu hingga warna daun menempel di kain, mengangkat daun secara perlahan, menjemur kain hingga kering, dilanjutkan dengan merendam kain dalam air campuran tawas, dan menjemur jemur kembali kain tersebut hingga kering.

Kegiatan pengabdian masyarakat IDBU 2024 tersebut dibuka secara langsung oleh Camat Batang, Luksono Pramudito, S.STP, MM yang menyambut baik kegiatan ini. “Kegiatan ini merupakan intervensi edukasi lingkungan pada tahun ketiga yang dilakukan dan harapannya dapat semakin mempererat tali silaturahmi antara Fakultas Psikologi, Departemen Teknik Lingkungan, dan Prodi Spesialis Mata Fakultas Kedokteran UNDIP serta Tim Penggerak PKK Desa Kalisalak,” ungkapnya.

Pada kesempatannya, Kepala Desa Kalisalak, Sucipto Sapto Atmojo Ketua Penggerak PKK Desa Kalisalak dalam sambutannya juga mengemukakan antusiasme tim penggerak PKK untuk mengikuti program-program pengabdian masayarakat yang dilaksanakan Universitas Diponegoro. Ketua Tim Penggerak PKK dan para perangkat desa yang hadir pun turut mendukung program peningkatan pengetahuan dan perilaku kesehatan dan pro lingkungan ini.

Tim IDBU UNDIP berharap, adanya intervensi edukasi lingkungan kepada para penggerak PKK ini dapat memberikan pengetahuan, membentuk sikap, dan meningkatkan ketrampilan yang bermanfaat dan dapat ditularkan kepada anggota keluarga dan masyarakat lainnya. (Tim IDBU Psikologi UNDIP)