Kamis, 04 Juli 2024
Perguruan Tinggi

Unimed Sosialisasikan Program RPL bagi Seluruh Ketua Prodi

Unimed Sosialisasikan Program RPL bagi Seluruh Ketua Prodi

Universitas Negeri Medan mengadakan Sosialisasi Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) bagi seluruh Program Studi di lingkungan Unimed Tahun 2024. Acara sosialisasi ini dilaksanaka selama dua hari, pada 7-8 Juli 2024 di Ruang Aula Digital Library Unimed. Dengan mengundang narasumber Dewi Wulandari (Ketua Tim Pembelajaran), Yulita Priyoningsih (Penanggung Jawab RPL dan Pembelajaran Indonesia) dan Sandra Aulia (Universitas Indonesia)

Program RPL adalah program pengakuan atas capaian pembelajaran yang diperoleh dari pendidikan formal, informal, hingga pengalaman kerja sebagai dasar melanjutkan/menyetarakan pendidikan dengan kualifikasi tertentu. Program RPL menargetkan calon pendaftar dengan latar belakang pernah mengenyam pendidikan formal, informal, dan angkatan yang telah bekerja lebih dari dua tahun. Melalui program ini, calon mahasiswa yang memiliki pernah mengenyam pendidikan formal, informal, hingga yang telah memiliki pengalaman kerja dapat melakukan penyetaraan di tingkat diploma, sarjana, maupun magister.

Acara dibuka oleh Rektor Unimed Prof. Dr. Baharuddin, M.Pd. dan turut dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris Senat Unimed, Wakil Rektor, Dekan dan Wakil Dekan, Direktur dan Wadir Pascasarjana, Kajur dan Kaprodi Se-lingkungan Unimed.

Dalam sambutannya, Rektor menyampaikan Saat ini pengakuan kualifikasi oleh masyarakat masih berfokus pada pembelajaran formal di institusi pendidikan. Capaian pembelajaran individu yang diperoleh melalui pendidikan nonformal, informal, pengalaman kerja, atau pelatihan-pelatihan belum mendapat pengakuan layak sehingga belum mendorong individu yang terputus kuliahnya atau tidak dapat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Oleh karena itu, hasil pembelajaran individu di lingkungan nonformal, informal, dan/atau pengalaman kerja melalui program RPL ini di konversi kedalam sistem akademik, sehingga peserta kuliah RPL, tinggal melanjutkan kuliah pada jenjang S1 dan S2 sesuai sisa SKS yang harus diambil hasil konversi berbagai keahlian, pengalam kerja dan dokumen pendidikan formal, nonformal, dan informal. Pada kegiatan ini, kita mengundang narasumber dari kementerian, guna memberikan pemahaman kepada bapak/ibu baik dari sisi rancangan dan pelaksanaan Program RPL pada Tahun 2024 ini. Sehingga pelaksanaan Program RPL Tahun 2024 ini di Unimed dapat berjalan dengan sukses dan sesuai pedoman yang ada kementerian. (Humas Unimed/eo)