Jumat, 17 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

RAPAT DINAS AWAL TAHUN PELAJARAN 2021/2022

RAPAT DINAS AWAL TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Mengawali Tahun pelajaran baru yang dijadwalkan pada tanggal 12 Juli 2021, banyak hal yang harus disiapkan baik secara administrasi maupun kelengkapan secara fisik terutama berkaitan dengan pelayanan kegiatan pembelajaran. Untuk itu diperlukan adanya rapat koordinasi, merapatkan barisan, menyamakan persepsi dan langkah terhadap setiap detail keputusan yang ditetapkan.

Sehubungan dengan adanya PPKM darurat maka kegiatan rapat yang rencananya akan diadakan secara offline berubah menjadi online yang dilaksanakn pada hari Jumat, 9 Juli 2021. Rapat tersebut diikuti oleh sekitar 75 Pendidik dan Tenaga Kependidikan melalui aplikasi zoom meeting.

Rapat Dinas Persiapan Tahun Pelajaran Baru 2021/2022 dibuka oleh Wakasek Humas yang bertanggung Jawab terhadap agenda rapat, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan evaluasi program tahun sebelumnya dan Rencana Kerja prioritas lembaga pada Tahun Pelajaran Baru yang disampaikan oleh Kepala SMAN 1 Madiun.

Dalam Paparannya, Mahmudi, S.Pd, M.Si menyampaikan bahwa keberhasilan suatu program, selain ditentukan oleh  perencanaan  yang  matang yang mengacu pada Visi, Misi dan tujuan yang ingin dicapai, juga faktor kerjasama yang optimal dari semua pihak yang terlibat dalam kegiatan. Lebih lanjut, Mahmudi menekankan Kembali target Lembaga terkait dengan pelayanan pendidikan dan upaya peningkatan jumlah serta mutu lulusan yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri, sekolah Kedinasan dll. Hal ini tentunya diperlukan proses, pengelolaan yang optimal, kerja keras dan tuntas dengan strategi dan inovasi yang terus dikembangkan.

Dalam penyampaiannya beliau juga menambahkan bahwa pada awal TP 2021/2022 ini  system belajar yang digunakan masih menerapkan pembelajaran Jarak Jauh karena aturan PPKM darurat. Untuk itu dukungan Tim IT sekolah, kesiapan dan upaya peningkatan kompetensi Pendidik dan Tendik terhadap penguasaan Informasi dan teknologi sangatlah diperlukan untuk memberikan pelayanan belajar yang berkualitas bagi siswa.  Selain itu keterlibatan langsung orang tua  dalam pemantauan belajar, prilaku dan penguatan karakter siswa juga sangat dibutuhkan. Kerjasama yang intensif dari semua pihak perlu terus ditingkatkan untuk mencapai hasil yang optimal.

Meskipun melalui zoom selama kurang lebih tiga jam, tampak dilayar monitor seluruh peserta rapat menyimak dengan seksama setiap sesi pemaparan baik oleh Kepala Sekolah maupun pemaparan Program Kerja Jangka Pendek  yang disampaikan oleh ke empat Wakil Kepala Sekolah, Kesiswaan, Kurikulum, Humas dan Sarpras. Hal ini menggambarkan semangat yang dimiliki oleh Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMAN 1 Madiun untuk terus berupaya maksimal memberikan pelayanan dan menunaikan tugas sesuai dengan kapasitas masing masing di Tahun Pelajaran Baru 2021/2022 , walaupun dalam keterbatasan situasi pandemic

SALAM SEHAT DAN SEMANGAT , BERSAMA KITA BERINVESTASI UNTUK MASA DEPAN