Jumat, 17 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Asyiknya Kegiatan Pls Siswa Baru Sma N 4 Yogyakarta 2019/2020

Asyiknya Kegiatan Pls Siswa Baru Sma N 4 Yogyakarta 2019/2020

Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) peserta didik baru SMA N 4 Yogyakarta dilaksanakan dengan “Menyenangkan dan Melatih Jiwa Cinta Tanah Air” menjadi unggulan kegiatan PLS tahun ajaran baru 2019/2020. Yang diharapkan peserta didik baru memperoleh pengalaman yang menyenangkan  pada awal proses pembelajaran awal tahun.

Rangkaian acara Pengenalan Lingkungan Sekolah dimulai Pada hari Senin tanggal 15 Juli 2019 dengan upacara pembukaan yang diikuti seluruh warga SMA N 4 Yogyakarta kemudian dilanjutkan dengan wisata sekolah yaitu pengenalan lingkungan  fisik sekolah, lingkungan sosial sekolah maupun dengan model dan cara belajarnya.

Peserta didik baru juga dibekali dengan berbagai materi-materi penting seperti “Pentingnya Kesadaran Berbangsa dan Bernegara” yang disampaikan oleh Polsek Karangwaru kemudian “Pencegahan Pornografi dan Napza oleh BNN Kota Yogyakarta, Tata tertib Sekolah oleh Drs. Susilo Eryono dan Drs. Saryadi sebagai Tim PLS, Sosialisasi budaya Jawa oleh KRT.H.Atiningrat, S.H.

Pada hari Rabu, 17 Juli 2019 peserta didik baru diajak melakukan kunjungan ke Museum Somo Budoyo, Rumah Budaya Tembi dan Museum Gumuk Pasir. Kegiatan PLS diharapkan bertujuan untuk mengenal potensi diri peserta didik baru, membantu peserta didik baru dapat cepat beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan lingkungan sekitarnya yaitu  terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah, menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai peserta didik baru, mengembangkan interaksi positif antar peserta didik baru dan warga sekolah lainnya, menumbuhkan jiwa cinta terhadap budaya sendiri dan cinta pada bangsa dan tanah air.

Dengan  kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) dapat memberikan kesan yang bersemangat dan positif bagi peserta didik baru.  sehingga dalam proses pembelajaran dapat mengawali  pendidikan dengan hal-hal yang menggembirakan.