Sabtu, 18 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

BUPATI MATIM DI SMAN 3 BORONG: SEKOLAH HARUS MENCIPTAKAN LAPANGAN KERJA

BUPATI MATIM DI SMAN 3 BORONG: SEKOLAH HARUS MENCIPTAKAN LAPANGAN KERJA

salam para sahabat. kami dari HUMAS SMAN 3 BORONG kembali mengabarkan hal penting yang harus diketahui para pembaca sekalian tentang informasi yang berhasil kami liput sepanjang hari kemarin. Pada hari Senin, 11-4-2021, SMAN 3 BORONG mendapat kunjungan istimewah dari Bupati Manngarai Timur Bapak Andereas Agas bersama Ibu Theresia Wisang dan rombongan yang menyertai kunjungan beliau. Agenda yang super padat dari orang nomor satu di Kabupaten Manggarai Timur ini, tidak membuatnya lalai terhadap janji yang telah disepakati dengan Bapak Kepala SMAN 3 BORONG. Pertemuan ini berawal dari beberapa hari sebelunya yang terjadi di Cafe Rest dimana Bapak Bupati dan Kepala SMAN 3 BORONG beserta beberapa guru dan anak didik SMAN 3 BORONG berbincang santai tentang daya kearifan lokal dalam menggali potensi masyarakat Manggarai Timur untuk berpacu memberdayakan berbagai potensi sumber daya dalam persaingan pasar. Pada kesempatan itu, salah seorang murid berbakat SMAN 3 BORONG atas nama Fira turut hadir dan mendengarkan arahan dan diskusi dengan Bapak Bupati. karena salah satu bakat potensial yang dimiliki anak ini dalam melukis menjadi kekaguman tersendiri, maka di sela-sela kegiatan di Cafe Rest itu, Fira melukis wajah Bapak Bupati dan langsung diperlihatkan kepada beliau. kekaguman dan apresiasi Bapak Bupati terhadap potensi salah seorang anak SMAN 3 BORONG ini menjadi cikal bakal kunjungan istimewah pada hari ini.

Bapak Bupati menjanjikan kepada Fira dan Kepala SMAN 3 BORONG untuk menerima hasil lukisan itu di sekolah yang terjadi pada hari Kemarin. Dalam kesempatan inilah, Bapak Bupati Manggarai Timur mengacungi jempol terhadap karya lukisan Fira dan mengapresiasinya dengan memberi motivasi yang luar biasa, tidak saja kepada Fira tetapi juga seluruh sivitas SMAN 3 BORONG. Dalam motivasinya, beliau menekankan kekuatan daya kreativitas sebagai salah satu pilihan untuk dapat hidup di tengah dunia yang terus berubah. nilai keterampilan sebagai potensi yang membanggakan dan dapat menjadi alternatif untuk hidup. Padaa kesempatan yang sama, Bapak Bupati terus mengedepankan potensi dalam keterampilan seperti yang di miliki salah seorang anak di SMAN 3 BORONG sambil memmberi tekanan akan partisipasi wanita dalam menghidupi dirinya. kunjungan Bapak Bupati ke SMAN 3 BORONG adalah lanjutan dari kunjungannya ke salah satu peserta lomba Kempo dari Manggarai Timur dalam persiapan menuju Tunisia. Apresiasi yang luar biasa kepada para wanita yang terus berkiprah di tengah berbagai anggapan miring tentang keberadaanya terutama karena tergerus budaya patriarki. Bapak bupati dalam motivasinya menggarisbawahi lembaga pendidikan atau sekolah sebagai wadah untuk menciptakan lapangan pekerjaan. seorang yang menamatkan pendidikan adalah orang yang karena keterampilnnya, seperti yang Vira miliki, mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

di sela-sela kunjungannya ini, anak-anak SMAN 3 BORONG mempresentasika beberapa karya kerajinan sebagai implikasi dari pengetahuan yang diperoleh. Di antaranya, di hadapan Bupati, anak didik SMAN 3 BORONG menunjukan beberapa hasil karya kerajianan seperti CARA MENGAWETKAN DAGING DENGAN MENGGUNAKAN TEPUNG JAGUNG DAN GARAM, CARA MENGHASILKAN MINYAK KELAPA dari olahan sendiri, penggunaan produk EM4 untuk pengembangbiakan ternak. Semua ini dipresentasikan di hadapan Bapak Bupati beserta Ibu Theresia Wisang dan rombongan. Dengan saksama dan penuh rasa ingin tahu, semua pemaparan anak-anak didik SMAN 3 BORONG ditanggapai secara positif melalui beberapa tanggapan balik baik dari Bapak Bupati sendiri maupun dari Ibu Theresia Wisang. Tanggapan melalui beberapa pertanyaan kritis Bapak dan Ibu Bupati menjadi referensi tersendiri untuk terus berkembang dalam penelitian terutama hasil karya anak didik SMAN 3 BORONG.

Kepala SMAN 3 BORONG, Bapak Konstantinus Rada, S.Psi menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas perhatian yang mendalam dari pemerintah daerah Manggarai Timur dalam penyelenggaraan pendidikan pada umumnya dan di Kabupaten Manggarai Timur secara khusus. Bapak Kepala SMAN 3 BORONG terus mendesak perhatian semua pihak,terutama pemerintah daerah untuk terus memajukan pendidikan. Kehadiran pemerintah daerah Kabupaten Manggarai Timur di lembaga pendidikan SMAN 3 BORONG adalah salah satu cara menjadikan lembaga pendidikan sebagai mitra dalam pengembangan sumber daya manusia.