Senin, 01 Juli 2024
Perguruan Tinggi

Seleksi Akademik PPG, Undiksha Ajak Peserta Perkuat Literasi Teknologi

Seleksi Akademik PPG, Undiksha Ajak Peserta Perkuat Literasi Teknologi

Singaraja- Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) mengajak para peserta Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG-Daljab) tahun 2022 untuk memperkuat literasi teknologi. Hal tersebut penting untuk mendukung kelancaran seleksi yang dilaksanakan dengan berbasis domisili.

Undiksha melaksanakan seleksi pada bulan April 2022 sebanyak lima periode. Koordinator PPG Undiksha, Drs. I Gede Nurjaya, M.Pd., Selasa (12/4/2022) menjelaskan pada seleksi ini, peserta mengikuti dari tempat tinggal atau tempat yang terjangkau akses internet. Hal ini tidak hanya  cukup didukung dengan kesiapan teknis, tetapi juga non teknis, yaitu kesiapan dari para peserta. Pasalnya, berdasarkan pengalaman pada periode I dan II, pelaksanaan seleksi terhambat oleh kurangnya kemampuan dalam penggunaan teknologi informasi. Hal ini perlu menjadi perhatian para peserta dan perlu melakukan upaya peningkatan atau penguatan kompetensi bidang teknologi informasi. “Kadang-kadang kemelekan atau literasi IT yang kurang dan perlu diperdalam. Saya sampaikan kepada peserta untuk penguatan literasi IT,” ajaknya.

Disampaikan lebih lanjut, kemampuan terhadap IT tidak hanya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan seleksi, tetapi nantinya juga dapat menjadi bekal dalam pembuatan konten pembelajaran. Secara khusus terkait esensi seleksi akademik PPG, Nurjaya menegaskan adalah untuk menjaring kompetensi akademik atau professional dan kompetensi pedagogi. Seleksi ini juga sekaligus untuk membentuk guru yang kompeten secara sosial dan kompetensi secara kepribadian, yang ditunjukkan dengan ketaatan terhadap aturan atau pedoman yang berlaku.

Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan, dan Kerjasama Undiksha, Drs. I Made Yasa, M.Pd., turut memberikan perhatian terhadap seleksi ini. Ia menegaskan pelaksanaannya harus sepenuhnya mengacu pada pedoman dari pusat. Hal ini diharapkan selalu menjadi perhatian oleh peserta, pengawas, maupun panitia pelaksana.

Saat ini, seleksi di Undiksha sudah memasuki periode II dengan peserta sebanyak 986 orang yang terbagi dalam empat sesi. Secara umum, seleksi berjalan lancar. Kendala yang sempat dialami para peserta dapat segera tertangani. Sebelumnya, Undiksha juga melakukan uji coba yang langsung melibatkan peserta dan pengawas. Selain itu, kesiapan jaringan maupun teknis lainnya turut dipastikan. (hms)