Senin, 01 Juli 2024
Perguruan Tinggi

Gelar Bimtek, Undiksha Sempurnakan Proposal Peningkatan D-III ke D-IV

Gelar Bimtek, Undiksha Sempurnakan Proposal Peningkatan D-III ke D-IV

Denpasar- Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) malaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyempurnaan Proposal Peningkatan Diploma III ke Sarjana Terapan (D-IV), Jumat (15/4/2022). Kegiatan yang berlangsung di Hotel Prime Plaza, Sanur, Denpasar dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Undiksha Dr. Gede Rasben Dantes, S.T., M.T.I.

Ia menyampaikan bahwa sejak tahun 2019 Undiksha sudah mencoba menerapkan kurikulum sarjana terapan. “Tahun 2019 kami sudah mencoba menerapkan kurikulum sarjana terapan sebenarnya pada saat itu Undiksha kami melaksanakan evaluasi terhadap kurikulum 2015 dan juga karena kita memasuki Revolusi Industri 4.0, jadi ada beberapa literasi yang kami masukkan,” ungkapnya.

Disampaikan lebih lanjut, pada tahun 2020 Undiksha mengusulkan perubahan strata Diploma III ke Sarjana Terapan. Melalui kegiatan Bimtek ini diharapkan bisa membantu seluruh tim penyusun proposal. “Mudah-mudahan kami bisa membawa 8 prodi ini untuk menjadi sarjana terapan,” terangnya.

Sementara itu, Kasubdit Pengembangan Perguruan Tinggi Program Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Drs. Sudarsono menyampaikan Bimtek ini sebagai tindaklanjut atas arahan dari Dirjen Vokasi untuk segera melakukan pengusulan peningkatan Diploma III menjadi Sarjana Terapan. “Bimtek ini memang dilakukan mengingat Bapak Dirjen meminta kami untuk segera ke Denpasar untuk melakukan yang terbaik tentunya terkait dengan usulan peningkatan Diploma III menjadi Sarjana Terapan.” ujarnya. Dirinya juga mengapresiasi Undiksha yang turut serta dalam program yang betul-betul baru dan belum ada contohnya dalam rangka peningkatan Diploma III menjadi Sarjana Terapan,” imbuhnya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Agus Nugroho, S.T., M.T., Lipur Sugiyanta, Ph.D., Muhammad Zenuriyanto selaku narasumber dan juga dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Hubungan Masyarakat Undiksha Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd., Kepala Biro di lingkungan Undiksha, Ketua dan Sekertaris Lembaga Pembelajaran dan Pusat Penjaminan Mutu Undiksha, Wakil Dekan I Fakultas Bahasa dan Seni, Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi, Wakil Dekan I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Wakil Dekan I Fakultas Teknik dan Kejuruan, Wakil Dekan I  Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial, serta Tim Penyusun Proposal di masing-masing fakultas. (hms)