Senin, 01 Juli 2024
Perguruan Tinggi

Undiksha Selenggarakan PEKERTI, Berkolaborasi Mewujudkan Dosen Profesional

Undiksha Selenggarakan PEKERTI, Berkolaborasi Mewujudkan Dosen Profesional

Singaraja- Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) tahapItahun 2022. Kegiatan yang berlangung secara daring ini dibuka Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd. Diharapkan melalui kegiatan ini, para peserta nantinya dapat menjadi dosen yang semakin profesional.

Kegiatan yang berlangsug selama satu minggu ini diikuti oleh sejumlah dosen yang berasal dari lima perguruan tinggi, yaitu Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Informatika & Teknik Komputer Agamua Wamena Papua, Institut Desain dan Bisnis Bali, Poltekkes Kemenkes Denpasar, Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional.

Rektor Jampel memberikan apresiasi atas perguruan tinggi tersebut karena telah memberikan kepercayaan kepada Undiksha untuk berbagi pengalaman maupun pengetahuan terkait dengan peningkatan kemampuan dasar intrapersonal dan interpersonal kepada para dosen. “Kami berharap melalui kegiatan ini, dapat menjadikan dosen lebih kompeten dan profesional, khususnya dalam mendidik mahasiswa,” katanya.

Disampaikan lebih lanjut, adanya dosen yang profesional, perguruan tinggi diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang berdaya saing, mampu mendapatkan pekerjaan yang baik, dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Hal tersebut masuk sebagai salah satu Indikaktor Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi. “Tentu untuk mencapai ini dimulai dari dosen yang betul-betul memiliki kompetensi bagus, interpersonal skill dan juga profesionalisme. Setelah itu baru dia bisa meneruskan kepada peserta didiknya,” tegasnya.

Kolaborasi perguruan tinggi ini diinginkan tidak hanya dalam penyelenggaraan PEKERTI saja. Memasuki pembelajaranabad 21, kolaborasi perlu terus dikembangkan, salah satunya dalam pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang menjadi kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). 

Sementara itu, Rektor ITB Stikom Bali, Dr. Dadang Hermawan yang mewakili perguruan tinggi lain memberikan sambutan menyampaikan terima kasih kepada Rektor Undiksha beserta jajaran yang telah bersedia memberikan pelatihan ini. Ia mengatakan kegiatan ini tidak hanya untuk memenuhi persyaratan formal sebagai dosen. Lebih dari itu juga untuk meningkatkan kompetensi yang selanjutnya mampu mengantarkan para mahasiswa menjadi insan cendekia yang semakin baik, menjadi alumni yang berguna bagi negara dan bangsa.

Ia juga berharap melalui kegiatan ini nantinya para dosen dapat semakin siap menghadapi tantangan dalam pengajaran. “Tantangan semakin berat karena variasi pengajaran sekarang ini bisa berbagai mode. Ada online, ada hybrid, ada offline dan sebagainya,” pungkasnya. (hms)