Jumat, 10 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Tim LTMPT Pantau Pelaksanaan UTBK di Unram

Tim LTMPT Pantau Pelaksanaan UTBK di Unram

Mataram, Universitas Mataram – Tim Monitoring dan Evaluasi dari panitia Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pusat Prof. Dr. Ir. Arif Djunaidy, M.Sc. turun langsung melihat pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Mataram (Unram). Dalam kunjungannya tersebut Prof. Arif didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, sekaligus Ketua Pelaksana UTBK-SBMPTN Unram Agusdin SE., MA., DBA, dan Kepala Biro Akademik, Kerjasama dan Perencanaan Ispan Siswadi., S.Sos., M.Si. melakukan pemantauan ke beberapa lokasi di Unram, seperti di Lab. Komputer Gedung Pusat Teknologi dan Informasi (Pustik) Unram, dan Lab. Komputer Fakultas Kedokteran, Sabtu (21/5) pagi.

Disela-sela kunjungannya ke Lab. Pustik, Wakil Rektor Bidang Akademik itu mengatakan jika sampai dengan hari ke lima pelaksanaan UTBK terpantau lancar dan tidak ada kendala. “Hanya saja kemarin (20/5), sempat mati lampu selama lima menit di Lab. FKIP tapi bisa langsung diatasi,” terangnya.

Sementara itu, menurut Prof. Arif pelaksanaan UTBK tahun ini berjalan lebih baik karena kasus pandemi Covid-19 sudah mulai menurun dan protokol kesehatan tidak seketat tahun lalu. Sedangkan untuk persiapan soal relatif masih sama dengan tahun yang lalu.

“Terkait dengan kendala yang terjadi pada UTBK tahun ini masih ada yang lolos membawa alat untuk melakukan kecurangan karena di beberapa daerah tidak semua pusat UTBK menggunakan metal detektor, tapi sebagian besar sudah menggunakan metal detektor,” katanya saat dimintai keterangan oleh Humas Unram.

Ia menjelaskan bahwa masih ditemukan beberapa peserta membawa alat scanning (pemindai) yang bentuknya kecil dan diletakkan dikancing baju. “Tapi karena ada gelagat yang mencurigakan akhirnya ketahuan,” ungkapnya.

“Sepintas saya melihat di Universitas Mataram tidak ada indikasi yang seperti itu (tidak ada kecurangan-red),” tutur Prof. Arif.

Prof. Arif berpesan kepada panitia lokal agar lebih siap dan waspada, dan mengingatkan pengawas untuk tidak berbicara di dalam ruang ujian agar tidak menganggu peserta ujian.

Di Unram sendiri tercatat 12.845 orang terdaftar sebagai peserta UTBK di Unram. Sebagai salah satu Pusat UTBK PTN, Unram telah mempersiapkan lokasi tes UTBK-SBMPTN 2022 di Kampus Utama Unram. Selain itu, untuk memudahkan akses calon mahasiswa Unram juga telah mempersiapkan lokasi tes di Pulau Sumbawa, yaitu di SMKN 1 Sumbawa Besar, SMKN 2 Sumbawa Besar, dan SMKN 3 Sumbawa Besar. Berdasarkan data jumlah pendaftar tersebut, tercatat 12.008 calon mahasiswa akan melaksanakan ujian di Kampus Utama Unram dan 837 calon mahasiswa lainnya memilih lokasi ujian di Sumbawa.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unram, Agusdin, SE., MBA, DBA saat ditanya perihal UTBK-SBMPTN mengatakan bahwa terdapat kenaikan angka pendaftar calon mahasiswa Unram di jalur SBMPTN pada tahun 2022 dibanding tahun 2021.
“Di tahun 2021 terdapat 12.114 orang pendaftar, sementara di tahun 2022 naik menjadi 12.845 orang, jadi ada kenaikan 731 orang atau 6,03%,” tuturnya.