Rabu, 08 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

UJIAN AKHIR SEMESTER SMAN 1 NARMADA KONDUSIF MENYENANGKAN

UJIAN AKHIR SEMESTER SMAN 1 NARMADA KONDUSIF MENYENANGKAN

Admin by Husnul Amrullah

Penanggungjawab ; Nursinah

Layout ; M. Amin Kutbi

Editor ; Habiburrahman

(SMANAR, 30 Mei 2022), Ujian Akhir Semester (UAS) SMAN 1 Narmada yang dilaksanakan mulai tanggal 27 Mei sampai dengan tanggal 06 Juni 2022 dan diikuti oleh kurang lebih sejumlah 768  peserta didik yang berasal dari kelas sepuluh dan sebelas.

Kegiatan tersebut menjadi menarik ketika dilaksanakan dalam model shift dengan menggunakan kelas silang yang terdiri dari dua kelas (X dan XI dalam satu kelas yang sama). Hal menarik lainnya adalah kegiatan tersebut dilaksanakan dengan kepengawasan double (dua orang guru dalam satu ruang kelas yang sama).

Hulwani, S.Pd., MM. selaku kepala sekolah melihat suasana berbeda pada ujian kali ini. Beliau melihat suasana dengan disiplin yang lebih kondusif dan menyenangkan. Bila sebelumnya anak-anak cenderung membayangkan ketika diisi oleh dua orang pengawas dalam satu ruangan, kesannya selalu mengerikan dan penuh ketegangan, maka hari ini, kondisi dengan pikiran demikian sudah mulai hilang. Karena selain siswa diberikan kepercayaan yang lebih luas untuk menjawab soal-soal yang mengarah kepada jawaban yang lebih membuka cakrawala argumentasi dalam setiap soal, siswa juga diberikan keleluasaan untuk menyelesaikan soal dengan lebih leluasa dengan diijinkannya peserta ujian untuk meninggalkan ruang ujian lebih awal jika sudah selesai menjawab soal-soal pada hari pelaksanaan yang sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya. Demikian pula dengan pengawas yang melaksanakan tugas, tentunya juga diberikan kewenangan untuk memlaksanakan ujian menurut kesepakatan dengan peraturan yang disepakati bersama dengan siswa saat ujian berlangsung. Sejauh ini ujian akhir semester menjadi ujian yang menyenangkan ucap salah seorang siswi yang kebetulan mengikuti kegiatan lain (tertunda mengikuti ujian) yang terpaksa harus mengikuti ujian di lain waktu. Dalam situasi seperti demikian, siswa yang bersangkutan diberikan kewenangan memilih jadwal ujian susulan sesuai dengan kesepakatan yang di buat bersama guru mata ujian yang tidak diikuti pada hari tersebut.

Wakakurikulum bersama Wakahumas (H. Basuki Rochmat dan Nursinah) dalam kesempatan yang sama berharap; “Dengan Ujian Akhir yang kondusif dan menyenangkan kali ini, diharapkan semua pihak bisa lebih bebas dan bersemangat melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan dalam bentuk apapun dan secara perlahan mulai mendefinisikan merdeka belajar dengan kreatifitas dan inovasi terbaik yang dimiliki guru dan siswa secara berkelanjutan”. Kondisi demikian harus terus diperbaiki dan tidak berhenti melakukan imporvisasi terhadap seluruh sistem yang dijalankan secara continue dan konsisten hingga sejauh ini, ucap Wakasarana (M.Amin Kutbi) di sela-sela waktu beliau. (Abi).