Jumat, 17 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Pelaksanaan ANBK 2021

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2021 yang merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

SMA Negeri 8 Kepulauan Tanaimbar yang merupakan satuan pendidikan tingkat menengah atas di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku pada hari ini, Senin 27 September 2021 telah selesai melaksanakan ANBK 2021 pada aspek AKM Literasi dan Survei Karakter dengan baik dan lancar. AKM Literasi mengukur kemampuan literasi yang mencakup kecakapan berpikir logis-sistematis, kemampuan bernalar menggunakan konsep dan pengetahuan yang telah dipelajari, serta keterampilan memilah dan mengolah informasi. Survei karakter dimaksudkan sebagai instrumen yang difokuskan untuk mengukur hasil belajar emosional peserta didik selama menjalani proses belajar mengajar.

Pelaksanaan ANBK 2021 SMA Negeri 8 Kepulauan Tanimbar akan dilanjutkan besok, hari Selasa, 28 September 2021 dengan subtes Numerasi.

UPDATE…

Selasa, 28 September 2021 dilanjutkan kembali kegiatan ANBK 2021 untuk aspek AKM Numerasi dan aspek Survei Lingkungan Belajar di SMA Negeri 8 Kepulauan Tanimbar. Pada aspek AKM Numerasi ini, bertujuan untuk mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika. Sedangkan aspek Survei Lingkungan Belajar dimaksudkan sebagai instrumen untuk mengukur kualitas pembelajaran dan iklim keamanan serta inklusivitas sekolah yang menunjang pembelajaran. Selain itu, survei lingkungan belajar juga menjadi refleksi bagi guru dan menjadi tolok ukur perbaikan praktik pengajaran serta mengetahui latar belakang keluarga peserta didik.