Jumat, 26 April 2024
Sekolah Menengah Atas

MPLS SMAN 3 BORONG-MERDEKA BELAJAR DALAM PENEMUAN IDENTITAS DIRI

Semenjak selasa, 18 Juli 2022-21 Juli 2022, civitas SMAN 3 BORONG merayakan kegembiraan karena boleh dipercayakan oleh orang tua murid untuk mendidik anak-anak mereka di tahun ajaran 2022/2023. Peserta didik yang mempercayakan pendidikannya di lembaga SMAN 3 BORONG pada tahun ajaran baru ini dalam proses pendidikan menengah sebagai satu tahapan baru perlu dan semestinya diberi berbagai penguatan dalam berbagai kegiatan MPLS. Ada beraneka kegiatan yang merujuk kepada kegiatan ini, baik sifatnya formal-akademik maupun non formal-ekstrakurikuler. Berbagai cara dilakukan demi terjaganya peserta didik dalam menyadari identitas dirinya dalam kepelbagaian karakteristik sembari tetap berpegang kepada komitmen dan petunjuk demi menempa diri dalam keutamaan.
Dalam berbagai kesempatan, para pemateri MPLS terus menggerus berbagai cara demi kesadaran peserta didik dalam memahami identitasnya. Kepala SMAN 3 BORONG Bapak KONSTANTINUS EVERSON RADA, S.Psi, dalam setiap sesi terus menerus member berbagai trik dan tips kepada para peserta didik baru untuk menata keperibadiannya melalui pembinaan karakter kejiwaan. Marwah pribadi terdidik katanya tidak terutama merasa puas diri dengan pencapaian nilai rapor semata, tetapi harus dalam keseimbangan dengan pembawaan diri karena berkeperibadian yang baik dan itu berasal dari pembinaan jiwa yang dilakukan secara berkelanjutan.
Sejak awal MPLS SMAN 3 BORONG telah merancang berbagai bentuk kegiatan yang seyogyanya mampu menjembatani minat peserta didik baru dalam mengawali proses pendidikannya di jenjang menengah atas. Selain penyampaian materi di dalam ruangan, juga pada hari terakhir disajikan pernak-pernik kegiatan yang mengacu kepada penemuan jati diri peserta didik melalui beberapa seni pertunjukan. Kepala SMAN 3 BORONG yang memiliki komitmen tinggi demi menumbuhkembangkan jati diri anak bangsa yang dididik di lembaga ini berhasil medatangkan altlet kempo Indonesia yang berhasil mendapat medali emas dalam kejuaraan kempo yang sudah berlangsung di Tunisia beberapa waktu yang lalu. Pertunjukan sang juara kempo ini berhasil menghipnotis peserta didik dan berharap dapat menjadi motivasi tersendiri dalam pengembangan diri peserta didik. Selain itu, dipertontonkan juga aksi MURAL dari salah seorang anak didik SMAN 3 BORONG dalam melukis dengan media tembok sebagai tampangnya. FIRA sang Pelukis hebat SMAN 3 BORONG memnunjukan kehebatannya dalam menata berbagai warna hingga membentuk coretan-coretan yang sedap dipandang mata. Tidak hanya berpuas diri dengan ini, lembaga SMAN 3 BORONG melalui kepala Sekolahnya berhasil juga mendatangkan pelukis hebat lainnya dari MANGGARAI TIMUR yakni PANSERD MATIM. Dengan metode MURAL kedua pelukis PANSERD MATIM ini menggerakan kanvasnya pada tembok bagian timur di luar ruang kelas. Tidak kala menariknya juga sajian SANGGAR SENI SMAN 3 BORONG.
Ketua panitia MPLS Bapak Wilibrodus Barus, S.Pd, menyampaikan rasa bangga dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang dengan caranya yang luar biasa telah sukses menyelenggarakan kegiatan ini.