Minggu, 19 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

UPACARA KEMERDEKAAN INDONESIA KE-77 MAN 4 JAKARTA

UPACARA KEMERDEKAAN INDONESIA KE-77 MAN 4 JAKARTA

17 Agustus 2022, di hari kemerdekaan Indonesia yang ke-77, seluruh civitas MAN 4 Jakarta melaksanakan upacara pengibaran bendera. Upacara dimulai pada pukul 7, dibuka oleh MC yaitu Hibriza. Setelah ketua OSIS selaku pemimpin upacara dan kepala madrasah selaku pembina upacara memasuki lapangan, pengibaran bendera merah putih dilaksanakan oleh pasukan Paskibra MAN 4 Jakarta atau yang biasa disebut PASMANFOUR. Acara berjalan dengan khidmat diiringi lagu Indonesia Raya yang dibawakan oleh tim paduan suara. 

Bendera telah berkibar, rangkaian acara upacara dilanjut dengan mengheningkan cipta dan pembacaan pembukaan UUD 1945 serta teks Proklamasi. Setelah itu, Bapak Kepala Madrasah menyampaikan amanatnya yang juga dilanjut dengan pemberian lencana Karya Satya kepada beberapa bapak ibu guru dan pemberian penghargaan kepada siswa siswi berprestasi tahun ajaran 2021/2022. 

Menuju akhir rangkaian acara merupakan sesi pemberian apresiasi kepada pasukan pengibar bendera dan seluruh petugas serta panitia upacara yang telah bertugas. Seluruh pengurus upacara telah berlatih mempersiapkan acara selama sekitar satu minggu sebelum hari-h. Pasukan pengibar bendera dilatih langsung oleh para alumni anggota paskibra MAN 4 Jakarta. Sesi dokumentasi merupakan rangkaian terakhir upacara. Setelah itu pemimpin upacara dan pembina upacara meninggalkan lapangan dan MC menutup upacara. Seluruh murid pun dibubarkan untuk menuju ke lokasi lomba-lomba yang akan dilaksanakan setelahnya.

(Lisnur)