Kamis, 06 Oktober 2022
Sekolah Dasar

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Berkunjung ke SD Islam Hidayatullah, “Ada apa ya?”

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Berkunjung ke SD Islam Hidayatullah, “Ada apa ya?”

Oleh: Shodiq Andi Nugroho, S.Pd., 12/9/2022, 14.00 WIB

Semarang, sdislamhidayatullah.sch.id – Penyuluhan makanan sehat, aman, dan tidak berbahaya oleh BPOM Semarang dilaksanakan di SD Islam Hidayatullah Semarang pada hari Senin, 12 September 2022.

Tujuan dari kegiatan ini untuk mengenalkan gizi seimbang dan pemilihan jajanan sehat kepada siswa SD Islam Hidayatullah. Sasaran penyuluhan ini adalah siswa kelas 3 dan 4. Usia siswa kelas 3 dan 4 merupakan usia dengan tingkat pemahaman cukup baik untuk menerima pendidikan yang disampaikan oleh BPOM Semarang.

Selain itu, usia mereka merupakan masa rasa ingin tahu dan ketertarikan terhadap sesuatu yang menarik sangat tinggi. Mereka mudah tergiur dengan berbagai bentuk jajanan yang dijual di sekolah. Mereka juga mudah tergiur dengan ajakan temannya untuk membeli jajanan tanpa mengetahui tersebut sehat atau tidak.

Berbagai bahan tambahan, seperti pewarna, pemanis, penambah rasa, dan pengawet yang terdapat dalam jajanan, belum tentu menyehatkan bagi anak.

Oleh karena itu, saatnya mengenalkan mereka pada jajanan sehat yang layak dikonsumsi.

Selain penyuluhan makanan sehat, BPOM Semarang juga melakukan penyuluhan gizi seimbang. Gizi seimbang sangat diperlukan untuk menunjang tumbuh kembang anak. Usia anak sekolah dasar merupakan usia yang sangat membutuhkan asupan gizi seimbang. Manfaat gizi seimbang, antara lain agar siswa menjadi lebih sehat, memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik, aktif dalam segala hal, fokus selama belajar di sekolah, dan meningkatkan prestasi siswa.

BPOM Semarang memperkenalkan berbagai makanan pokok, sayur, lauk-pauk, dan buah-buahan kepada para siswa. Mereka juga diajarkan untuk selalu makan tepat waktu dan membawa bekal ke sekolah agar tidak jajan sembarangan.

Harapannya, semua guru dan siswa menjadi lebih perhatian dan fokus untuk memakan segala macam bentuk asupan sehat dan baik bagi tubuh.

Sayangi tubuhmu!
Semangat sehat tuk anak hebat SDIH!