Kamis, 29 September 2022
Perguruan Tinggi

Prodi Biologi UNTAN dan MGMP Biologi Kota Pontianak Adakan Pelatihan Teknik Biomolekuler

Prodi Biologi UNTAN dan MGMP Biologi Kota Pontianak Adakan Pelatihan Teknik Biomolekuler

Pontianak – Program Studi Biologi Fakultas MIPA Untan bekerja sama dengan Majelis Guru Mata Pelajaran (MGMP) Biologi Kota Pontianak mengadakan Pelatihan Teknik Biomolekuler untuk Guru SMA di Kota Pontianak pada Sabtu, 17 September 2022 di Aula dan Laboratorium Biologi UPT Laboratorium Terpadu Untan. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Tim Pengabdian Kepada Masyarakat dengan ketua pelaksana Siti Ifadatin, M.Si. Kegiatan serupa kedepannya akan ada lagi untuk memperkuat kapasitas guru biologi terkait pemahaman dan praktek Teknik biomolecular, imbuh Ibu Ifa, ketua pengelola Laboratorium Biologi UPT Laboratorium Terpadu Untan

Pelatihan dihadiri peserta berjumlah 23 orang yang merupakan guru-guru pengajar mata pelajaran biologi di sekolahnya masing-masing. Pelatihan yang berlangsung satu hari penuh ini dimulai dengan pemberian materi Teknik Biomolekuler dan aplikasinya oleh narasumber Firman Saputra, M.Sc. Setelah pemberian materi, pelatihan dilanjutkan dengan praktek di Laboratorium Biologi meliputi teknik menggunakan mikropipet, ekstraksi DNA, PCR (Polymerase Chain Reaction), visualisasi DNA menggunakan elektroforesis, dan menghitung konsentrasi DNA dengan spektrofotometer UV. Kegiatan yang di laksanakan Prodi Biologi FMIPA Untan ini juga sangat tepat karena berkolaborasi sehingga kegiatan dapat dilaksanakan di ruang Aula dan Laboratorium Biologi UPT Laboratorium Terpadu Untan, imbuh Devinda, Laboran Laboratorium Biologi UPT Lab. Terpadu Untan.

Peserta terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan-kegiatan selama pelatihan. Saat kegiatan praktek, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan target DNA yaitu gen matK dan rbcL pada tumbuhan kratom dan gen 16S rRNA pada bakteri. Masing-masing peserta mengerjakan tugasnya dengan berbagai macam alat yang sudah tersedia dengan dibimbing instruktur dosen Jurusan Biologi dan laboran UPT Lab Terpadu. Selain berdiskusi antar sesama peserta, peserta juga diberikan arahan oleh instruktur pelatihan dalam mengerjakan tugas kelompoknya.

Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan dalam teknik biomolekuler kepada guru-guru SMA pengajar mata pelajaran biologi di kota Pontianak. Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan kemampuan mereka dalam mengajar dapat semakin terasah dan terampil serta berdampak pula pada peningkatan kualitas siswa-siswi di sekolahnya masing-masing, khususnya dalam mata pelajaran biologi.

Penulis                        : Rezqy Septi Yoza, S.I.Kom.

Editor                           : Muhammad Pramulya, SP, M.Si