Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Menpora Prof Zainudin Amali Kunjungi Atlet DBON di Sentra Olahraga UNNES

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Prof Dr Zainudin Amali SE MSi mengunjungi para atlet program Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di Sentra Latihan Olahragawan Muda Potensial Universitas Negeri Semarang (UNNES), Senin (26/9).

Peninjauan dilakukan setelah Program DBON menunjuk UNNES sebagai salah satu tempat penjaringan, pembinaan dan pelatihan para atlet nasional.

Prof Zainudin Amali menyambangi Laboratorium Olahraga Gedung Prof Kamiso Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) UNNES didampingi Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Prof Dr S Martono MSi dan Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Chandra Bhakti.

Prof Zainudin Amali menyampaikan Kemenpora bekerjasama dengan perguruan tinggi untuk  menjadi Center of Excellence Implementasi Sports Science dalam pengembangan atlet melalui Sentra Latihan Olahragawan Muda Potensial Nasional.

“Kemenpora bekerja sama dengan UNNES untuk mengimplementasikan DBON. Di sini talenta muda dibina sejak kelas I SMP agar menghasilkan atlet nasional yang berkualitas,” kata Menpora.

Menurut Prof Zainudin Amali sinergitas antar lembaga menjadi salah satu faktor penting kesuksesan DBON, sebagai upaya mencapai target Indonesia berada di posisi lima besar Olimpiade 2044.

Di mana menurutnya, perguruan tinggi memiliki fasilitas laboratorium, khususnya sports science, sebagai penunjang terciptanya sebuah prestasi.

“Sports science harus menjadi pendamping utama, di mana SDM untuk mengawal itu sudah tentu dimiliki oleh para Perguruan Tinggi yang sudah kami tunjuk sebagai sentra DBON,” tegasnya.

Sementara itu Wakil Rektor bidang Umum dan Keuangan Prof Dr S Martono Msi, mengatakan, UNNES sangat mendukung program DBON.

“UNNES bertekad mendukung DBON secara efektif, efisien, unggul, terukur, sistematis, akuntabel, dan berkelanjutan. Lingkupnya ialah olahraga pendidikan, olahraga rekreasi, olahraga prestasi, dan industri olahraga,” jelas Prof Martono.

UNNES, lanjut Prof Martono, siap membantu pemerintah dalam mewujudkan DBON untuk meningkatkan olahraga di Indonesia.

“Kami mendukung peningkatan kapasitas, sinergitas, dan produktivitas olahraga prestasi nasional dan memajukan perekonomian olahraga nasional.”

Pada kunjungan tersebut, Menpora juga meninjau fasilitas olahraga di UNNES seperti asrama atlet, ruang medis DBON, serta pengecekan asupan gizi untuk atlet.

Selain mengunjungi atlet DBON, Menpora juga memberikan kuliah umum kepada mahasiswa UNNES.

Dalam kesempatan itu, Menpora menyampaikan materi “Iptek Olahraga sebagai Tulang Punggung Implementasi Desain Besar Olahraga Nasional”.