Sabtu, 11 Mei 2024
Sekolah Dasar

Pesantren Ramadhan Virtual Sekolah Wahdah 1442 H

Walhamdulillah Ramadhan telah tiba, semua bahagia dan hati yang beriman menyambutnya dengan suka cita. Panitia Pesantren Ramadhan 1442 MI Al Wahdah menyiapkan serangkaian acara spesial sebagai wujud syukur atas datangnya bulan mulia, sekaligus upaya lembaga memotivasi seluruh murid MIA memaksimalkan kebaikan di bulan penuh kebarakahan ini.
Sejatinya, agenda Pesantren Ramadhan MIA adalah program yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Namun, kali ini Pesantren Ramadhan MIA terasa lebih istimewa. Apa pasal? Pertama kegiatannya diformat sebagai ajang lomba yang dilaksanakan full daring. Kedua, pesertanya tidak hanya dari murid MIA namun juga dari sekolah-sekolah lain di Jogja bahkan dari luar Jawa. MasyaAllah. Dan, di akhir acara ditutup dengan kisah menggugah penuh hikmah oleh juru kisah nasional Kak Ari ketua umum Persaudaraan Pecerita Muslim Indonesia.
Pesantren Ramadhan MIA 1442 yang dilaksanakan pada tanggal 12 – 16 April 2021 ini mengambil tema Kusambut Ramadhan dengan Al Quran. Adapun cabang lombanya meliputi Tahfizh, Tartil, Pildacil dan Berkisah. Peserta dibagi dalam 2 kategori yakni, kategori A untuk murid PAUD-kelas 3 SD/MI dan kategori B untuk murid kelas 4-6 SD/MI. Pada lomba Tahfizh dan Tartil peserta diminta mengumpulkan video melalui tautan google form untuk dinilai oleh dewan juri dan ditentukan 3 pemenang untuk tiap kategori. Sementara lomba Pildacil dan Berkisah selain peserta mengumpulkan video dan dinilai, 3 peserta terbaik diminta untuk tampil secara daring pada rangkaian acara penutupan Pesantren Ramadhan MIA.
Walhamdulillah, setelah menyeleksi lebih dari 100 video dan penilaian saat penampilan langsung daring ditetapkan pemenang Pesantren Ramadhan MIA 1442 untuk seluruh kategori sebagai berikut:
1) Lomba Tahfizh
a. Kategori A, juara :
I. Shofiyah (MI Al Wahdah kelas 1)
II. Nur Huzaima Az Zahra (SD IT Insan Rabbani, Malili-Sulsel Kelas 3)
III. Mufidah Nayyara Haerani (Tahfidz Al Mubarak, PAUD)


b. Kategori B
I. Daffa Ibnu Hafidz (SD IT Insan Rabbani, Malili-Sulsel Kelas 5)
II. Umar Al Hammam (Kuttab Darussalam, kelas 4)
III. Mutiara Dewi (MI Al Wahdah, Kelas 5)

2) Lomba Tartil
a. Kategori A
I. Filzah Amira Haerani (SD IT Insan Rabbani, Malili-Sulsel Kelas 3)
II. Shofiyyah (MI Al Wahdah kelas 1)
III. Qurroh Ma’ruf (MI Al Wahdah kelas 1)


b. Kategori B
I. Cantika Ziyada Kamila (MI Al Wahdah kelas 4)
II. Ma’ruf Hidayat (MI Al WAhdah, kelas 5)
III. Nur Fadilah Inayah (SDIT Insan Rabbani, Malili-Sulsel kelas 5)


3) Lomba Pildacil
I. Ayatullah Fahru Ramadhan (SD Negeri Karangmloko 2, Ngaglik Sleman Yogyakarta kelas 4)
II. Zio Zevario Al Fahrezi (SDIT Insan Rabbani, Malili-Sulsel kelas 5)
III. Cantika Ziyada Kamila (MI Al Wahdah kelas Mushlih 1)


4) Lomba berkisah
I. Ghinaa Nurfaaiqoh (SDIT Insan Rabbani, Malili-Sulsel kelas 5)
II. Muhammad Naafi Ali Firmansyah (MI Al Wahdah kelas 4)
III. Khansa Cahaya Angelia (SDIT Salsabila 2 Klaseman kelas 6)


Dan, sebagai wujud apresiasi bagi para pemenang diberikan hadiah berupa piagam penghargaan, bingkisan dan uang pembinaan, juga seluruh peserta mendapatkan sertifikat kepesertaan.
Semoga agenda Pesantren Ramadhan MIA 1442 kali ini bisa memberi arti dan motivasi bagi seluruh peserta dan murid MI Al Wahdah untuk memaksimalkan kebaikan hingga penghujung Ramadhan. Semoga seluruh ustadz/ah, para murid dan seluruh keluarga besar Sekolah Al Wahdah berhasil menjadi pemenang-pemenang Ramadhan dan mendapat predikat takwa di sisi Nya Jalla wa’ala.