Selasa, 21 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Penuh Haru Kebahagiaan, Kegiatan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Mahasiswa PPG UM Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2023 Resmi Ditutup

Penuh Haru Kebahagiaan, Kegiatan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara Mahasiswa PPG UM Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2023 Resmi Ditutup
image_pdf

Sebanyak 704 mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan, Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang (SPs UM) gelombang 2 tahun 2023 telah mengikuti Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara selama dua hari di Lanal Malang. Kegiatan tersebut akhirnya resmi ditutup dengan upacara penutupan pada Jumat (10/05) pukul 13.00 WIB. Upacara penutupan dihadiri langsung oleh Direktur Sekolah Pascasarjana UM, Prof. Dr. Adi Atmoko, M.Si., Ketua Program Studi Pascasarjana UM, Dr. Muhammad Alfan, S. Pd., M. Pd., jajaran pejabat Sekolah Pascasarjana UM serta TNI Lanal Malang. Dalam upacara penutupan tersebut, Mayor Laut (T) Eko Wahyu Santoso bertindak sebagai pembina upacara.

“Diharapkan kegiatan yang diikuti selama dua hari ini dapat menjadi bekal guna menambah wawasan, ilmu pengetahuan, dan keterampilan dalam rangka mencetak generasi baru guru-guru Indonesia yang memiliki panggilan hati menjadi guru yang profesional, berkomitmen menjadi teladan, cinta terhadap profesi dan pembelajar sepanjang hayat,” ujar Mayor Laut (T) Eko Wahyu Santoso mewakili Komandan Lanal Malang, Kolonel Laut (KH/W) Rinanda Sintasari, S. Sos., M. Tr. Ap. 

Banyak pelajaran dan pesan yang bisa diambil dari kegiatan yang telah dilaksanakan selama dua hari ini bagi mahasiswa PPG UM. “Banyak hal yang kita dapatkan. Kita dituntut bangun pagi, berangkat jam 5 untuk ke kampus dan itu melatih kedisiplinan. Adapun pengalaman baru yang tidak pernah didapatkan sebelumnya, yaitu ronda malam. Saya rasa di rumah meskipun sudah dewasa mungkin sebagian besar selalu mengandalkan ibu kita, hari ini kita mengandalkan diri kita untuk masa depan kita sendiri,” ujar perwakilan mahasiswa PPG, Dharma Prasetya Kasenda Wijaya. 

Mereka tampak antusias dan penuh haru menyampaikan beberapa ilmu yang berhasil didapatkan selama dua hari. Begitu banyak hal menarik yang mereka dapatkan selama dua hari ini. Tidak hanya itu, ragam cerita dan kisah menarik penuh pesan, kalimat penyemangat turut disampaikan dalam menutup orasi penuh semangat yang disampaikan oleh perwakilan mahasiswa. 

“Jika kita tidak memulai dari diri kita sendiri, kita tidak akan tahu langkah kita (apa mau kita), mari memulai masa depan dengan PPPK dan PNS,” tutup mahasiswa PPG bidang studi PPKN UM tersebut. 

Menutup kegiatan, Mayor Laut (T) Eko Wahyu Santoso menyampaikan doa kepada Tuhan agar senantiasa memberikan petunjuk, bimbingan, dan perlindungan-Nya kepada seluruh peserta yang hadir untuk melanjutkan dharma bhakti bagi kejayaan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kegiatan pun diakhiri dengan  menyanyikan lagu Padamu Negeri, berfoto bersama, dan pengantaran mahasiswa PPG UM menuju Universitas Negeri Malang. 

Pewarta: Zanadia Manik Fatimah – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM