Senin, 06 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional Tahun 2022 SMK Negeri 11 Semarang

Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional Tahun 2022 SMK Negeri 11 Semarang

SMK Negeri 11 Semarang pada hari ini tanggal 10 November 2022 menggelar upacara memperingati Hari Pahlawan Nasional Tahun 2022. Upacara peringatan hari pahlawan ini diikuti seluruh guru, karyawan, dan siswa. Kegiatan ini bertujuan mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Untuk tema yang diangkat pada Hari Pahlawan tahun 2022 ini adalah “Pahlawanku Teladanku”.

Drs. Luluk Wibowo, S.ST., MT. selaku Kepala SMK Negeri 11 Semarang dalam sesi amanatnya menyampaikan tentang pesan dari salah satu Pahlawan yaitu Pangeran Adipati Arya Mangkunegara I alias Pangeran Sambernyawa yang mengatakan : Mulat sarira hangrasawani, Rumangsa melu handarbeni, Wajib melu hangrungkebi (berani mawas diri, merasa ikut memiliki, wajib ikut memberikan pembelaan). Dalam pesan tersebut tersirat bahwa kita harus selalu mawas diri, merasa memiliki, dan ikut memberikan pembelaan terhadap instansi atau lingkungan sekolah yang kita tempati dengan selalu berusaha menunjukkan semangat juang untuk berprestasi.

Dalam kegiatan upacara ini juga dilakukan pemberian apresiasi terhadap siswa yang sudah berjuang dan mendapatkan juara dalam berbagai bidang dari tingkat Nasional, Provinsi, dan tingkat Kota Semarang. Daftar siswa berprestasi yang meraih juara dan mengharumkan SMK Negeri 11 Semarang tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Juara Umum dengan kategori juara I Renang Indah Solo, juara I Renang Indah Stroke Event Egg Beaterside, dan juara 1 Renang Indah Terpedo pada ajang Kejuaraan Renang Artistik Walikota Cup IX Tahun 2022 Tingkat Nasional di Yogyakarta atas nama Nadia Asyifa Kelas X DKV 7 SMK Negeri 11 Semarang
  2. Juara III Festival Pelajar Nusantara Tingkat Nasional diselenggarakan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah dalam kategori Band Pelajar atas perwakilan 11 Creative Band SMK Negeri 11 Semarang di bawah bimbingan Yanuarius Andi Cahyono, S.Pd.
  3. Juara I Variasi Formasi, Juara III Danton, Juara Harapan I PBB, Juara Utama III, dan Juara Umum III dalam Lomba Gerakan Merah Putih Ke-5 antar SMA/SMK se Jateng-DIY oleh Menwa Satuan 927 UPGRIS Semarang Tahun 2022 Tingkat Provinsi.
  4. Juara II Futsal Communication Cup 2022 Tingkat Provinsi diselenggarakan oleh Prodi Ilmu Komunikasi Fisip Undip Semarang Tahun 2022 yang diraih Tim Futsal SMK Negeri 11 Semarang.

Nadia Asyifa siswa kelas X DKV 7 sebagai peraih Medali Emas dan juara umum Renang Artistik pada Lomba Wali Kota Yogyakarta Cup ke IX Tahun 2022 sangat pantas dijadikan inspirasi bagi peserta didik lainya. Sebagai Juara I Renang Indah Solo Kelompk Umur-A; Juara I Renang Indah Egg Bitter Side Kelompk Umur-A dan Juara I Renang Indah Torpedo Kelompk Umur-A. Kegigihan, semangat juang, ketekunan dan Kedisiplinan Nadya Asyifa belajar renang sejak kelas IV SD patut diapresiasi dan dijadikan contoh sebagai bagian dari Profil Pelajar Pancasila. Sumbangsih kejuaraan perenang cantik Nadya Asyifa kelahiran Pemalang bulan November 2006 tersebut, menjadi kebanggaan tersendiri bagi SMK Negeri 11 (Grafika) Semarang bertepatan dengan semangat juang yang dikobarkan oleh para Pahlawan Nasional kita.

~ Humas SMKN 11 Semarang ~

Penulis : Darwito & Royan