Selasa, 29 November 2022
Perguruan Tinggi

Laboratorium FKK, FISIP, dan Ruang Sidang FH Menarik Perhatian SMA Muhammadiyah 25

Laboratorium FKK, FISIP, dan Ruang Sidang FH  Menarik Perhatian SMA Muhammadiyah 25

Laboratorium Anatomi Fakultas Kedokteran, Laboratorium Broadcast Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Ruang Sidang Fakultas Hukum, menjadi daya tarik 168 siswa SMA Muhammadiyah 25 Setiabudi Pamulang, yang berkunjung di UMJ pada Selasa (15/11). Kedatangan siswa kelas XII IPA dan IPS tersebut disambut baik oleh Wakil Rektor III Dr. Rini Fatma Kartika, S.Ag., MH., Wakil Rektor IV Dr. Septa Chandra, SH., MH., serta jajaran pimpinan Fakultas.

Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 25 Setiabudi Pamulang Zesmita Umar, SH. menyampaikan tujuan kedatangan siswa untuk menggali ilmu pengetahuan dan fasilitas di masing-masing Fakultas sesuai dengan jurusannya. “Kami (guru dan siswa) memiliki mata pelajaran dan eksrakurikuler yang berkolerasi dengan ilmu hukum, ilmu komunikasi, dan ilmu kedokteran dan kesehatan,” tutur Zesmita.

Wakil Rektor IV Dr. Septa Chandra, SH., MH., memberikan sambutan di Aula Kasman Singodimedjo FISIP UMJ, Selasa (15/11/2022).

Septa Chandra dalam sambutannya memaparkan profil UMJ dari sejarah, program studi di 10 fakultas, keunggulan, hingga beasiswa yang tersedia. “Lulusan SMA saja tidak cukup untuk bekal di kemudian hari, maka kita dituntut untuk melanjutkan pendidikan hingga jenjang sarjana (S1). Jika niat untuk studi dilanjutkan dengan doa dan ibadah, inshaallah diberi kemudahan oleh Allah SWT,”. Septa juga menambahkan tentang reputasi alumni yang tersebar di berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta.

Dalam kunjungan ke UMJ, para murid dibagi sesuai dengan konsentrasi ilmu pengetahuan. Setelah pembukaan, siswa jurusan IPA mengunjungi FKK sedangkan siswa jurusan IPS mengunjungi FH dan FISIP disambut oleh pimpinan fakultas dan tenaga kependidikan. Ketika di FKK, siswa diperkenalkan dengan seluruh wahana perkuliahan berupa laboratorium anatomi, laboratorium basah dan kering, dan laboratorium penelitian. Sebagian besar siswa terlibat dalam interaksi dengan Laboran untuk menanyakan detil alat peraga, mannequin, dan lain-lain.

Berbeda dengan FKK, kunjungan ke FH menarik perhatian siswa karena mereka dilibatkan dalam simulasi peradilan semu di Aula FH. Praktek persidangan tersebut mengangkat kasus pemerkosaan, dimana simulasi tersebut bertujuan untuk melatih para siswa memahami masing-masing peran dalam persidangan. Antusias yang sama ketika siswa mengunjungi Laboratorium Broadcast, terlihat ketika mereka tertarik mencoba mengatur teknis kamera, pencahayaan studio, editing, dan pengambilan foto dan video. Selain itu siswa juga mencoba menjadi pembawa berita (news anchor).

Murid berpraktik menjadi news anchor, di Aula Kasman Singodimedjo FISIP UMJ, Selasa (15/11/2022).

Gania dan Jasmine dari Kelas XII-IPA mengakui pengalaman kunjungan ke tiga fakultas ini sansat ser dan menambah wawasan. “Seru banget bisa memegang tubuh asli manusia di Lab FKK. Kita berharap bisa masuk UMJ untuk melanjutkan studi”. Nabil dari XII-IPS menambahkan bahwa meskipun sudah pernah mengunjungi UMJ, tetap merasa senang dengan agenda yang ada di FH. “Seru banget menjalankan praktik sebagai pengacara dalam kasus pemerkosaan di peradilan semu tagi,” ucapnya.

Siswa/siswi berpraktik peradilan semu, di Aula FH UMJ, Selasa (15/11/2022).

Kunjungan SMA Muhammadiyah 25 bertujuan untuk mempererat silaturahmi, mengembangkan potensi dan mengarahkan siswa memilih jurusan yang tepat sesuai minatnya. Untuk melengkapi kunjungan, dilaksanakan penandatanganan pembaharuan Memorandum of Understanding (MoU) antara FH dan SMA Muhammadiyah 25. (QF/KSU)